Pengembangan Metode Pembelajaran dalam Pendidikan Agama Islam

Authors

  • Siti Badrotil Khasanah Uin Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31943/pedagogia.v3i1.91

Keywords:

Pengembangan, Metode, Pembelajaran, Agama, Islam

Abstract

Penenilitian ini merupakan bentuk model pembelajaran yang terdapat di dalamnya tentang pendekatan pembelajaran, metode pembelajaran, strategi pembelajaran serta teknik dan taktik pembelajaran. Bentuk-bentuk ini merupakan cara ataupun strategi yang dapat dilakukan oleh seorang pengajar untuk memberikan pemahaman kepada anak didiknya. Tujuan dari penelitian ini, tidak agar dapat mengetahui pada pengembangan metode pembelajaran dalam pendidikan Agama Islam. Metode penelitian yang digunakan oleh penulis, ialah menggunakan penelitian kualitatif, dengan menggunakan pendekatan library research. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa seorang pengajar harus cerdas dalam memaham serta mampu memberikan pemahaman pada anak didik, sebab model-model pemahaman siswa berbeda, begitu juga dengan cara pembelajaran yang bermacam-macam, maka guru harus menyesuaikan dengan pola dan serta batas kemampuan siswa dalam menyerap pelajaran. Pemahaman siswa yang sempurna merupakan harapan bersama, akan tetapi pemahaman ini kembali pada cara pengajaran yang diambil oleh seorang tenaga pengajar, maka dari penulisan di atas menjelaskan tentang cara serta strategi dalam pembelajaran, model-model di atas bisa menjadi acuan dalam memberikan materi pembelajaran pada anak didik.

References

Adisel, A., & Prananosa, A. G. (2020). Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Sistem Manajemen Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid 19. Journal Of Administration and Educational Management (ALIGNMENT), 3(1), 1–10. https://doi.org/10.31539/alignment.v3i1.1291

Amirudin, M. F. (2019). Hubungan Pendidikan dan Daya Saing Bangsa. BELAJEA: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 35. https://doi.org/10.29240/belajea.v4i1.723

Anam, H., Lessy, Z., Yusuf, M. A., & Supardi. (2022). Kode Etik, pendidik, Islam. Journal of Islamic Education Policy, Vol, 7 No, hlm, 115-129. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30984/jiep.v7i2.2218

Arshad, M., Akhtar, S., & Iqbal, A. (2016). An exploration of learning techniques, tactics and styles of Pakistani undergraduate students. Bulletin of Education and Research, 38(2), 59-74.

Azizah, N., & Sulistyowati, E. (2020). Pengembangan metode pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 4(1), 10–19.

Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2013). Research Methods in Education. Routledge.

Damanik, F. (2018). Pengembangan Metode Pembelajaran Berbasis Komputer untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 73-82.

Duffy, T. M., & Jonassen, D. H. (Eds. ). (1992). Constructivism and the technology of instruction: A conversation. Routledge.

Engelmann, S. (1988). Direct instruction: Methods and examples. Educational Researcher, 17(3), 16-25.

Fatimah, A. (2021). Pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam di era digital. Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 98–110.

Fikri, M. (2017). KONSEP PENDIDIKAN ISLAM; Pendekatan Metode Pengajaran. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 11(1), 116. https://doi.org/10.22373/jiif.v11i1.66

Hadi, M. A., & Wahab, S. N. (2019). Pengembangan pembelajaran pendidikan agama Islam di era digital. Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 48-61.

Handayani, D., Fauzi, A., & Puspitaningrum, D. (2021). The Effect of Demonstration Method on Students’ Cognitive Ability and Practical Skills in Science Learning. Journal of Physics:, 2(3), 1–17.

Heryanto, L., Amda, A. D., & Ristianti, D. H. (2020). KREATIVITAS GURU FIQIH DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BELAJAR SISWA. ANDRAGOGI, 2(2), 244–261.

Hmelo-Silver, C. E. (2004). Problem-based learning: What and how do students learn? Educational Psychology Review, 16(3), 235-266.

Istiqomah. (2022). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Karakter Disiplin Peserta Didik. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 512–518. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i2.446

Jannah, M. A., & Susanto, H. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran Agama Islam Berbasis Masalah pada Madrasah Aliyah. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 17(1), 15-29.

Johnson, D. W., & Johnson, R. T. (1994). Learning together and alone: Cooperative, competitive, and individualistic learning. In 5. Allyn & Bacon.

Jonassen, D. H. (1994). Thinking technology: Toward a constructivist design model. Educational TecJonassen, D. H.Hnology, 34(4), 34-37.

Khuzaemah, E., & Uswati, T. S. (2007). ANALISIS NILAI SOSIAL PADA NOVEL BUMI MANUSIA SEBAGAI PEMBELAJARAN NOVEL SEJARAH DI SMA ( KAJIAN SOSIOLOGI SASTRA ). Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4743, 1–13. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBS

Kirschner, P. A., Sweller, J., & Clark, R. E. (2006). Why minimal guidance during instruction does not work: An analysis of the failure of constructivist, discovery, problem-based, experiential, and inquiry-based teaching. Educational Psychologist, 41(2), 75-86.

Kohnle, A., & Leutner, D. (2013). The role of experiment instructions in physics education: How to engage students in designing experiments?. Journal of Research in Science Teaching, 50(3), 284-314.

Lasabuda, N. E. (2017). Pengembangan Media Youtube Dalam Pembelajaran Matematika (Suatu Penelitian Di SMK Kesehatan Bakti Nusantara Gorontalo). Jurnal Riset Dan Pengembangan Ilmu Pengetahuan, 2(2), 270–275.

Maab, H., & Hasanah, M. (2022). TAFAKKUR : Jurnal Ilmu Al- Qur ’ an dan Tafsir PENGUATAN KAPASITAS DIRI MENUJU PANGGILAN PUBLIK ( Analisis Al-Q ur ’ an Surat Al Muzammil Ayat 1-14 ). TAFAKKUR: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir, 2, 127–151. http://e-jurnal.stiqarrahman.ac.id/index.php/tafakkur/article/view/66

Mahfudz, A. S. (2016). Pengembangan metode pembelajaran pendidikan agama Islam yang berbasis keterampilan abad 21. Al-Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam, Al-Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam, 9(2), 167-182.

Marryono Jamun, Y. (2018). Dampak Teknologi Terhadap Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 10(1), 1–136.

Means, B., Toyama, Y., Murphy, R., Bakia, M., & Jones, K. (2010). Evaluation of evidence-based practices in online learning: A meta-analysis and review of online learning studies. Department of Education.

Moh. Anang Abidin. (2023). Efektifitas Metode Point CounterpointUntuk Menumbuhkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Kelas VI Pada Mata Pelajaran Fikih di Madrasah Ibtidaiyah Riyadlul Ulum Sidoarjo. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah (JMI), 01(02), 1–15.

Moore, M. G., & Kearsley, G. (2012). Distance education: A systems view of online learning. Cengage Learning.

Mulder, M. (Ed. ). (2013). Competence-based vocational and professional education: Bridging the worlds of work and education. Springer Science & Business Media.

Mursid, R., & Yulia, E. (2019). Pengembangan Pembelajaran dalam Teknologi Pendidikan di Era RI 4.0. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pendidikan Peran Teknologi Pendidikan Dalam Mengembangkan Dan Meningkatkan Keprofesionalan Pendidik Di Era Revolusi Industri 4.0, 35–42. http://digilib.unimed.ac.id/38930/?utm_source=dlvr.it&utm_medium=twitter

Musfiroh, I. (2020). Metode Pembelajaran Agama Islam Berbasis Keilmuan dan Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 8(1), 1-14.

Muslimah, E. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran Agama Islam Berbasis Proyek di Madrasah Aliyah. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 15(2), 182-197.

Mustofa, A. (2019). Metode Keteladanan Perspektif Pendidikan Islam. CENDEKIA : Jurnal Studi Keislaman, 5(1), 24–42. https://doi.org/10.37348/cendekia.v5i1.71

Muthmainnah, F. (2021). Metode Pembelajaran Agama Islam Berbasis Gamifikasi pada Siswa SMP. Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 3(2), 66-79.

National Research Council. (2000). Inquiry and the national science education standards: A guide for teaching and learning. National Academies Press.

Ramadhan, A. (2020). Pengembangan metode pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 299-312.

Sari, M., & Asmendri. (2018). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. Penelitian Kepustakaan (Library Research) Dalam Penelitian Pendidikan IPA, 2(1), 15. https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/naturalscience/article/view/1555/1159

Savery, J. R. (2006). Overview of problem-based learning: Definitions and distinctions. Interdisciplinary. Journal of Problem-Based Learning, 1(1), 9–20.

Sudaryanto. (2015). Pengembangan metode pembelajaran pendidikan agama Islam untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 13(1), 63-72.

Thomas, J. W. (2000). A review of research on project-based learning. San Rafael,. Autodesk Foundation.

Tsourlidaki, E. (2015). Phases of inquiry-based learning: Definitions and the inquiry cycle. Educational Research Review, 14(4), 47–61.

Yusuf, Q., & Azizah, N. (2019). Metode Pembelajaran Agama Islam di Era Digital. Jurnal Tarbawi, 6(1), 60-72.

Downloads

Published

2023-03-30

How to Cite

Khasanah, S. B. . (2023). Pengembangan Metode Pembelajaran dalam Pendidikan Agama Islam. Journal Islamic Pedagogia, 3(1), 75–89. https://doi.org/10.31943/pedagogia.v3i1.91