Journal Islamic Pedagogia https://islamicpedagogia.faiunwir.ac.id/index.php/pdg <p><strong>Journal Islamic Pedagogia (JIP)</strong> is an journal published by Department of Islamic Education the Faculty of Islamic Studies University Wiralodra Indramayu, posted twice a year on March and September. The journal focuses its scope on the issues of <strong>Islamic Education in Indonesia</strong>. We invite scientists, scholars, researchers, as well as professionals in the field of Islamic Education in Indonesia to publish their researches in our Journal. The journal publishes high quality empirical and theoretical research covering all aspects of Islamic Education in Indonesia.</p> <p>Contact : Didik Himmawan, WhatsApp +628179629752</p> en-US <p>Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra</p> syifanurfadilah241@gmail.com (Journal Islamic Pedagogia) didikhimmawan@gmail.com (Didik Himmawan) Fri, 15 Mar 2024 00:00:00 +0000 OJS 3.3.0.10 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Konsep Pluralisme Abdurrahman Wahid Dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Islam https://islamicpedagogia.faiunwir.ac.id/index.php/pdg/article/view/115 <p>Penelitian ini berjudul konsep pluralisme Abdurrahman Wahid dan implikasinya terhadap pendidikan Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep pluralisme Abdurrahman Wahid dan untuk mengetahui implikasi dari pluralisme terhadap pendidikan Islam. Metode penelitian yang digunakan yaitu library research atau penelitian perpustakaan, dimana untuk mencari data-data yang diperlukan dengan cara mencari dari berbagai sumber seperti buku, jurnal, skripsi terdahulu atau pustaka-pustaka lainnya. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa konsep pluralisme yang ditekankan Abdurrahman Wahid adalah pluralisme dalam bertindak dan berpikir. Pluralisme dalam bertindak mensyaratkan seseorang untuk tidak membatasi pergaulan dengan orang lain (eksklusif) meskipun berbeda keyakinan. Pluralisme dalam berpikir adalah kesediaan untuk menerima atau mengambil gagasan atau pemikiran dari kalangan lain. Implikasi dari adanya pluralisme terhadap pendidikan Islam yaitu pertama, pendidikan Islam yang Humanis dan egalitarian, kedua, menghargai perbedaan, ketiga, menghargai nilai-nilai demokrasidan hak asasi manusia.</p> Ahmad Kurnia, Zaenudin, Didik Himmawan Copyright (c) 2024 Journal Islamic Pedagogia https://islamicpedagogia.faiunwir.ac.id/index.php/pdg/article/view/115 Fri, 15 Mar 2024 00:00:00 +0000 Konsep Pendidikan Akhlak Dalam Menuntut Ilmu Menurut Syaikh Muhammad Syakir https://islamicpedagogia.faiunwir.ac.id/index.php/pdg/article/view/107 <p>Pendidikan akhlak merupakan suatu sendi keutamaan tingkah laku dan naluri yang berguna untuk menyongsong kehidupan yang lebih baik. Melihat fenomena generasi muda sekarang, tidak sedikit dari mereka yang belum mengetahui tentang bagaimana cara menuntut ilmu yang baik agar ilmu yang kita peroleh dapat bermanfaat bagi diri sendiri maupun orang lain. Sehingga diperlukan adanya konsep pendidikan akhlak dalam menuntut ilmu. Penelitian ini dibuat untuk mengetahui pendidikan akhlak dalam Islam dan untuk mengetahui konsep pendidikan akhlak dalam menuntut ilmu menurut Syaikh Muhammad Syakir. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pustaka (Library research), yaitu penelitian yang dilakukan dengan melakukan mengumpulkan data dari berbagai literatur dalam perpustakaan dan lainnya. Kesimpulannya adalah bahwa konsep pendidikan akhlak dalam menuntut ilmu menurut Syaikh Muhammad Syakir yaitu: Niat belajar, Membuat catatan, Menghormati guru, Memuliakan ilmu, Mengatur waktu belajar, Muroja’ah (mengulang kembali materi), Sopan santun, Menghargai teman, Memperhatikan guru, Bersikap tawadhu’ (rendah hati), dan Perbanyak doa kepada Allah SWT.</p> Carsinih, Kurnaengsih, Abdul Aziz Romdhoni Copyright (c) 2024 Journal Islamic Pedagogia https://islamicpedagogia.faiunwir.ac.id/index.php/pdg/article/view/107 Fri, 15 Mar 2024 00:00:00 +0000