https://islamicpedagogia.faiunwir.ac.id/index.php/pdg/issue/feed Journal Islamic Pedagogia 2023-10-04T16:04:11+00:00 Journal Islamic Pedagogia syifanurfadilah241@gmail.com Open Journal Systems <p><strong>Journal Islamic Pedagogia (JIP)</strong> is an journal published by Department of Islamic Education the Faculty of Islamic Studies University Wiralodra Indramayu, posted twice a year on March and September. The journal focuses its scope on the issues of <strong>Islamic Education in Indonesia</strong>. We invite scientists, scholars, researchers, as well as professionals in the field of Islamic Education in Indonesia to publish their researches in our Journal. The journal publishes high quality empirical and theoretical research covering all aspects of Islamic Education in Indonesia.</p> <p>Contact : Didik Himmawan, WhatsApp +628179629752</p> https://islamicpedagogia.faiunwir.ac.id/index.php/pdg/article/view/95 Implementasi Metode Qira’ati dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an di TPQ Hidayatul Ihsan Perumahan Abdi Karya Terusan Indramayu 2023-06-17T04:33:41+00:00 Nasuha zakarianasuha04@gmail.com Ibnudin ibnufauzanhariri@gmail.com Ibnu Rusydi ibnurs@gmail.com <p>Metode Qira’ati merupakan metode pembelajaran membaca Al-Qur’an dengan memperhatikan ketepatan membaca, sehingga para pembaca mampu membaca Al-Qur’an secara baik dan benar sesuai kaidah ilmu tajwid. Perlunya program pendidikan membaca Al-Qur’an untuk memberikan kemampuan membaca Al-Qur’an bagi umat islam di Indramayu serta untuk menigkatkan generasi-generasi Qur’ani. Peneliti berusaha untuk meneliti tentang pembelajaran metode Qira’ati. Sehingga dalam kaitanya dengan penelitian ini, peneliti dapat merumuskan masalah yang akan dikaji dalam penyusunan skripsi ini. Pertama, bagaimana implementasi metode Qira’ati? Kedua, Seberapa besar pengaruh metode Qira’ati dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di TPQ Hidayatul Ihsan Terusan Indramayu? Penyusunan skripsi ini bertujuan untuk mengetahui implementasi metode Qira’ati serta pengaruh metode Qira’ati dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di TPQ Hidayatul Ihsan Terusan Indramayu. Adapun jenis penelitian ini adalah jenis penelitian Lapangan (field research) jenis penelitian yang didasarkan pada data-data yang diperoleh langsung dari tempat penelitian. Dari hasil penelitian implementasi metode Qira’ati di TPQ Hidayatul Ihsan Terusan Indramayu menggunakan 4 jilid buku pembelajaran. Serta penerapan metode Qira’ati sangat berpengaruh dikarenakan banyak murid cepat memahami dan kemampuan membaca Al-Qru’an. Adapun kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa Penerapan metode Qira’ati yang di terapkan TPQ Hidayatul Ihsan Terusan Indramayu sangat berpengaruh pada pembelajaran membaca Al-Qur’an</p> 2023-06-16T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Journal Islamic Pedagogia https://islamicpedagogia.faiunwir.ac.id/index.php/pdg/article/view/92 Konsep Etika Belajar Menurut Syeikh Az-Zarnuji (Studi Analisis Kitab Ta’lim Muta’allim) 2023-06-16T16:35:33+00:00 Syahrul Ramadhan syahrulbaeaung@gmail.com Didik Himmawan didikhimmawan@gmail.com Ibnu Rusydi ibnurs@gmail.com <p>Pendidikan Islam adalah penataan individual dan sosial yang dapat menyebabkan seseorang tunduk taat pada islam dan menerapkannya secara sempurna didalam kehidupan individu dan masyarakat. Pendidikan adalah proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau sekelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui pengajaran dan pelatihan yang didalamnya terdiri dari pendidik (Guru) dan Peserta didik (Murid). Guru adalah orang yang memberikan ilmu pengetahuan kepada anak didik. Murid adalah orang yang sedang mempelajari ilmu. Metodologi Pendidikan pada skripsi ini bertujuan untuk memperoleh informasi dan objektif mengenai Bagaimana konsep Pendidikan Islam menurut Az Zarnuji dalam kitab Ta‟lim Muta‟allim dan RelevansinyaPendidikan islam saat ini. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan atau studi Pustaka (Library Research). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian menggunakan pendekatan Studi kepustakaan (Library Research). Dengan pendekatan studi tokoh. Menggunakan teknik pengumpulan data berupa: (1) Mencari kitab Ta’lim Al Muta’allim karya Syekh Az Zarnuji. (2) Mencari terjemahan kitab Ta’lim Al Muta’allim (bimbingan bagi penuntut ilmu pengetahuan) yang diterjemahkan oleh Drs. H. Aliy As‟ad, M.M terbitan menara kudus. (3) Mencari kitab-kitab dan buku-buku yang berkaitan dengan penelitian. (4) Mencari buku-buku yang berkaitan dengan penelitian yang terdapat di aplikasi Ipusnas. (5) Mencari buku-buku yang berkaitan dengan penelitian di perpustakaan uin, perpustakaan daerah, perpustakaan pasca sarjana uin su dan toko-toko buku. (6) Kemudian bertanya kepada kawan yang berada di pekan baru tentang kitab yang penulis teliti. (7) Kemudian mempelajari dan memahami kajian yang terdapat dalam buku-buku yang menjadi sumber data sekunder. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa etika menuntut ilmu menurut Syekh Az Zarnuji dalam kitab Ta‟lim Al Muta‟allim ialah: Berniat ketika Belajar, Berdoa, Mengahadap Kiblat, Bersifat wara’ dalam belajar, Tawakkal, Sabar, Kasih sayang, Musyawarah, Memilih ilmu, Memilih Teman, Memilih guru, Menghargai ilmu, Menghormati guru, Memuliakan kitab,dan Menghormati teman.</p> 2023-06-16T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Journal Islamic Pedagogia https://islamicpedagogia.faiunwir.ac.id/index.php/pdg/article/view/94 Pengaruh Kegiatan Keputrian pada Ekskul Rohani Islam (ROHIS) dalam Pembentukan Akhlak Muslimah di SMA Negeri 1 Lohbener 2023-06-16T16:25:31+00:00 Mufidah Zafirah mufidah022zafirah@gmail.com Didik Himmawan didikhimmawan@gmail.com Ahmad Khotibul Umam khotibulumam905@gmail.com <p>Kegiatan keputrian merupakan wadah atau sarana yang diharapkan berpengaruh positif dalam pembentukan akhlak muslimah. Proses pembentukan akhlak muslimah yang benar dapat menjadikan siswa memiliki akhlak terpuji baik terhadap Allah, diri sendiri, maupun terhadap sesama. Peneliti berusaha untuk meneliti tentang pengaruh kegiatan keputrian. Sehingga dalam kaitanya dengan penelitian ini, peneliti dapat merumuskan masalah yang akan dikaji dalam penyusunan skripsi ini. Pertama, Bagaimana gambaran kegiatan keputrian pada ekstrakurikuler rohani islam (Rohis) dalam pembentukan akhlak muslimah siswa kelas X di SMA Negeri 1 Lohbener? Kedua, Bagaimana Pengaruh kegiatan keputrian pada ekstrakurikuler rohani islam (Rohis) dalam pembentukan akhlak muslimah siswa kelas X di SMA Negeri 1 Lohbener? Penyusunan skripsi ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kegiatan keputrian dan pengaruh kegiatan keputrian dalam pembentukan akhlak muslimah siswa kelas X di SMA Negeri 1 Lohbener. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan teknik analisis Regresi Linear sederhana serta didukung melalui data-data penelitian yang dihimpun dari tempat penelitian. Dalam mengumpulkan data menggunakan metode angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa kegiatan keputrian sebagai sarana dalam nilai-nilai ajaran agama telah berperan cukup baik. Hal ini menyatakan bahwa nilai t hitung ≤ 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima yaitu terdapat Pengaruh Pada Kegiatan Keputrian Dalam Pembentukan Akhlak Muslimah Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Lohbener. Baik terhadap Allah, diri sendiri dan akhlak terhadap sesama.</p> 2023-06-17T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Journal Islamic Pedagogia https://islamicpedagogia.faiunwir.ac.id/index.php/pdg/article/view/97 Strategi Komunikasi Sosial Rasulullah (Studi Analisis Q.S. Al-Baqarah : 83 dalam Membangun Legitimasi Dakwah 2023-06-25T05:01:09+00:00 Ariny Izzata Diny arinyizzatadiny@gmail.com <p>Umat Islam memandang Al-Qur'an sebagai sumber inspirasi dalam segala bidang kehidupan dan Rasulullah SAW sebagai panutan. Dalam Q.S. Al-Baqarah ayat 83, khususnya sebagai upaya menanamkan dan memelihara perilaku positif agar akal, sikap, dan kepribadian tetap terjaga sesuai dengan ajaran Islam, khususnya sebagai upaya membentuk perilaku manusia yang sesuai dengan anjuran Nabi. Selain itu, tujuan tulisan ini adalah untuk membekali para da’i yang ingin menegakkan legitimasi dakwah dengan wawasan pola komunikasi Nabi sebagaimana dijelaskan dalam Q.S. Al-Baqarah ayat 83. Ada sebagian da'i yang kurang memperhatikan akhlak ketika berhubungan dengan keluarga, sahabat, tetangga, dan lain-lain karena akhlak begitu penting saat ini. Tujuan dari ini makalah ini adalah untuk menentukan strategi komunikasi terhadap nilai-nilai akhlak Nabi. Arti penting surat Q.S al-Baqarah ayat 83 dalam menegakkan legitimasi dakwah di masyarakat.Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa Alquran memuat teknik komunikasi sosial dan prinsip-prinsip moral Nabi Muhammad. Ayat 83 Q.S. Al-Baqarah memiliki makna religius; sholat, tauhid, dan pentingnya tanggung jawab; hormat dan bakti kepada orang tua dan pentingnya bakti sosial; beramal kepada kerabat, anak yatim, dhuafa, dan fakir miskin; bersikap baik kepada semua orang dan menekankan pentingnya disiplin; mendirikan salat tentu menjadi pedoman bagi para da'i dalam membangun legitimasi dakwahnya, sehingga penerima pesan dakwah melihat da'i sebagai objek nyata pelaksanaan dakwah dan pesan dakwah dapat diterima dengan hati.</p> 2023-06-25T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Journal Islamic Pedagogia https://islamicpedagogia.faiunwir.ac.id/index.php/pdg/article/view/98 Komunikasi Antarbudaya Perspektif Al-Qur’an 2023-06-25T05:11:10+00:00 Nurazizah izahi892@gmail.com <p>Komunikasi merupakan suatu kegiatan berinteraksi yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari manusia. Namun dalam membangun komunikasi tentu banyak mengalami hambatan (noise) khususnya bagi masyarakat Indonesia. Seperti yang diketahui masyarakat Indonesia tergolong masyarakat heterogen, karena terdiri dari berbagai ragam suku, budaya, agama, Bahasa dan adat istiadat. Sehingga disitulah peran komunikasi antar budaya. Komunikasi antar budaya merupakan interaksi yang dilakukan individu kepada individu dan masyarakat yang lainnya yang berbeda latar belakang baik suku, ras, bangsa, budaya, bahasa dan sebagainya. Dengan tujuan untuk mengetahui dan memahami satu sama lain. Komunikasi antar budaya juga tidak dapat terlepas dari Al-Qur’an yang menjadi landasan atau pedoman dalam proses berkomunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan relevansi dan menganalisis komunikasi antarbudaya perspektif Al-Qur’an. Penelitian ini menggunakan metode library research (penelitian Pustaka) dengan pendekatan tafsir tematik. Sumber data utama dan paling utama dalam penelitian ini adalah Al-Qur’an, kitab-kitab tafsir yang dibatasi pada kitab-kitab yang dipandang refresentatif. Studi ini menemukan beberapa ayat Al-Qur’an yang menjelaskan mengenai komunikasi antarbudaya yang bisa dijadikan pedoman dalam menjalin komunikasi serta bagaimana menyelesaikan konflik antarbudaya maupun kelompok. Sebagaimana yang telah dijelaskan dalam Qs. Al-Hujurat: 13, Qs. Al-Kafirun: 6, dan QS. Ali Imran Ayat 103. </p> 2023-06-25T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Journal Islamic Pedagogia https://islamicpedagogia.faiunwir.ac.id/index.php/pdg/article/view/99 Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa SMA Melalui Cooperatif Script pada Mata Pelajaran Agama Islam 2023-08-13T01:19:33+00:00 Kanudin udinkanudin@gmail.com <p>Pendidikan Agama Islam (PAI) merupakan salah satu mata pelajaran yang perlu diperlajari oleh siswa. Salah satu materi yang perlu dipelajari yaitu tentang Munakahat. Berdasarkan pengalaman mengajar penulis lebih dari 10 tahun mengajar, munakahat merupakan materi yang cukup sulit dipahami oleh siswa. Peneliti melakukan pelenirian tindakan kelas (PTK) selama 3 pertemuan. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan prestasi siswa, aktivitas siswa, dan keterampilan siswa pada mata pelajaran PAI khususnya materi munakahat. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Data diambil berdasarkan hasil postes siswa selama pembelajaran. Analisis data menggunakan excel untuk membandingkan perkembangan hasil prestasi siswa. Hasil penelitian ini adalah adanya peningkatan prestasi siswa. Tidak hanya prestasi siswa, aktivitas belajar dan keterampilan kooperatif siswa juga berkembang pada saat pembelajaran menggunakan metode cooperatif script.</p> 2023-08-14T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Journal Islamic Pedagogia https://islamicpedagogia.faiunwir.ac.id/index.php/pdg/article/view/100 Etika Memproduksi Konten Media Sosial Perspektif Al-Qur’an 2023-09-08T03:46:01+00:00 Sintia Hariani Wirianti shintiaharianii1830@gmail.com <p>Kemajuan teknologi telah mengakselerasi perkembangan media dengan pesat. Peran media bukan hanya sebagai penyedia informasi, tetapi telah mengalami transformasi menjadi industri yang menjanjikan keuntungan finansial jika dikelola dengan efektif. Dalam ekosistem media, setiap individu pengguna menjadi pencipta, dan apa yang dihasilkannya dikenal sebagai konten. Namun, saat ini terdapat tren sosial di mana beberapa pencipta konten hanya fokus pada keuntungan materi tanpa memperhatikan nilai-nilai positif yang dapat dihadirkan dalam karya mereka. Hal ini bisa menyesatkan dan berdampak merugikan, baik bagi mereka sendiri maupun orang lain. Oleh karena itu, sebagai panduan dalam pembuatan konten, prinsip-prinsip yang diuraikan dalam Al-Quran menjadi acuan penting. Termasuk di dalamnya adalah ajaran dari Surah Al-Hujurat ayat 6, Surah Al-Hujurat ayat 12, dan Surah Al-Isra’ ayat 7.</p> 2023-09-08T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Journal Islamic Pedagogia https://islamicpedagogia.faiunwir.ac.id/index.php/pdg/article/view/108 Konsep Pendidikan Menurut Buya Hamka Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Islam Kontemporer 2023-10-04T15:19:57+00:00 Fiqri Nurhasanah fiqrinurhasaanah@gmail.com Ibnudin ibnufauzanhariri@gmail.com Ahmad Syathori ahmadsyathori98@gmail.com <p>Dengan berpedoman kepada Al Qur’an sebagai landasan pertama, pada dasarnya ahli pendidikan Islam berpendapat, bahwa pendidikan Islam menginginkan manusia yang berkepribadian “Insan Kamil” dengan pola taqwa, artinya manusia utuh rohani dan jasmani dapat hidup dan berkembang secara wajar dan normal karena taqawanya kepada Allah SWT. Berdasarkan realitas di atas, peneliti dapat merumuskan masalah yang akan di kaji dalam penyusunan skripsi ini. Pertama, bagaimana konsep pendidikan Islam perspektif Buya Hamka. Kedua, bagaimana relevansinya terhadap pendidikan Islam kontemporer. Penyusunan skripsi ini di buat untuk mengetahui bagaimana konsep pendidikan Islam perspektif Buya Hamka dan mengetahui bagaimana relevansinya terhadap pendidikan Islam kontemporer. Penulis menggunakan metode deskriptif yang didukung oleh data yang diperoleh melalui penelitian kepustakaan library research. Penelitian library research yaitu suatu usaha untuk memperoleh data atau informasi yang diperlukan serta menganalisis suatu permasalahan melalui sumbersumber kepustakaan. Berdasarkan hasil pemaparan dan analisis tersebut, maka penulis dapat mengambil kesimpulan, yaitu konsep pendidikan Islam perspektif Buya Hamka terdiri dari enam komponen, yaitu : Pertama, Pendidikan Islam perspektif Buya Hamka terdiri dari tiga makna, yaitu penyaluran ilmu pengetahuan (ta’lim), pengasuhan (tarbiyah), pembentukan adab dan pengembangan potensi (ta’dib). Kedua, Dasar dari pendidikan Islam adalah al-Qur’ān dan As-Sunnah, sedangkan tujuan dari pendidikan Islam terdiri dari dua dimensi, yaitu tujuan ukhrawi dan duniawi. Tujuan ukhrawi adalah untuk mencari ridha Allah SWT, sedangkan tujuan duniawi adalah untuk membangun budi pekerti dan bekal hidup dalam masyarakat. Ketiga, Kurikulum pendidikan Islam. Isi dari kurikulum pendidikan Islam menurut Buya Hamka terdiri dari ilmu agama, ilmu rasional, ilmu sosial, dan ketrampilan. Keempat, Pendidik menurut Buya Hamka terdiri dari orang tua, guru, dan masyarakat. Kelima, Peserta didik yang ideal harus memiliki beberapa kriteria, yaitu berakhlak mulia, mengembangkan potensi yang dimilikinya, merasa rendah dan tidak sombong, mengetahui adab belajar dan mengamalkannya, serta hormat dan patuh kepada orang orang lain. Keenam, Lingkungan pendidikan Islam terdiri dari pendidikan informal, pendidikan formal, dan pendidikan nonformal yang mana pendidikan nonformal dipecah lagi menjadi dua yaitu pendidikan teman sebaya serta pendidikan masyarakat. Salah satu penyebab mundurnya pendidikan Islam adalah karena sistem pendidikannya yang masih dikotomis. Pembaruan pendidikan dapat dilakukan dengan mengikuti perkembangan zaman dengan tidak meninggalkan esensi keislaman. Dengan melihat dasar dan tujuan pendidikan Islam, bahwa konsep pendidikan Islam Buya Hamka pada masanya tersebut masih relevan dengan pendidikan Islam kontemporer.</p> 2023-09-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Journal Islamic Pedagogia https://islamicpedagogia.faiunwir.ac.id/index.php/pdg/article/view/103 Metode Pendidikan Anak Dalam Islam Menurut Abdullah Nashih ’Ulwan Dalam Kitab Tarbiyatul Aulad Fil Islam 2023-10-04T16:04:11+00:00 Tamirih Tamirihr@gmail.com Rusydi rusydi.dekha@gmail.com Nurlaeliyah nurlaeliyah1311@gmail.com Didik Himmawan didikhimmawan@gmail.com <p>Seorang anak adalah amanah bagi kedua orang tuanya, kalbunya yang masih suci bagaikan permata yang begitu polos, bebas dari segala macam pahatan dan gambaran, siap untuk menerima setiap pahatan apapun, selalu cenderung pada kebiasaan yang diberikan kepadanya. Penyusunan skripsi ini dibuat untuk mengetahui bagaimana metode pendidikan anak dalam Islam menurut Abdullah Nashih ‘Ulwan dalam Kitab Tarbiyatul Aulad Fil Islam serta mengetahui bagaimana proses perkembangan pendidikan anak dalam Islam yang terjadi dilingkungan masyarakat dalam Kitab Tarbiyatul Aulad Fil Islam.Adapun jenis metode penelitian ini ialah penelitian pustaka (library research), yaitu mengadakan studi secara teliti literatur-literatur yang berkaitan pokok permasalahan yang dalam hal ini adalah media pembelajaran metode pendidikan anak. Adapun kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa metode pendidikan anak dalam Islam menurut Abdullah Nashih ‘Ulwan dalam Kitab Tarbiyatul Aulad Fil Islam memaparkan beberapa metode dalam kitabnya: mendidik dengan Keteladanan, mendidik dengan kebiasaan, mendidik dengan nasihat, mendidik dengan perhatian, mendidik dengan hukuman.</p> 2023-09-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Journal Islamic Pedagogia https://islamicpedagogia.faiunwir.ac.id/index.php/pdg/article/view/105 Strategi Guru PAI Dalam Membentuk Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab Siswa Kelas VII A MTsN 7 Indramayu 2023-10-04T15:49:03+00:00 Caniyah caniyahdermayu@gmail.com Kambali kambaliibnu@gmail.com Ali Miftakhu Rosyad miftakhurosyad@gmail.com Ahmad Khotibul Umam khotibulumam905@gmail.com <p>Perkembangan zaman yang semakin canggih akan alat telekomunikasi yang mana semua serba mudah dan cepat, menimbulkan kesenjangan terhadap karakter anak. Yang paling rentan terhadap perubahan zaman adalah anak-anak yang masih dalam fase perkembangan yaitu pada masa usia sekolah menengah pertama dimana dapat kita ketahui untuk saat ini banyak anak yang luntur dan lemah karakternya. Dalam hal ini guru pendidikan agama islam memiliki peran dan kedudukan tinggi terhadap pembentukan karakter anak. Dalam pembentukan karakter anak di sekolah oleh Guru pendidikan agama islam tentu bermacam-macam strategi yang dilakukan, baik di dalam kelas maupun di luar kelas. Seorang guru harus mempu mengarahkan dan membentuk karakter anak melalui kegiatan-kegiatan positif dengan di mulai dari sikap disiplin anak yang mana dari situ akan menumbuhkan sikap tanggung jawab. melalui kegiatan-kegiatan positif ekstrakurikuler, kegiatan sholat berjamaah dan melatih tanggung jawab anak melalui pelaksanaan kewajiban kewajibannya di sekolah.Berdasarkan realita diatas, peneliti berusaha untuk menggali strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter disiplin dan tanggung jawab. sehingga dalam kaitanya dengan peneliti ini ,peneliti dapat merumuskan masalah yang akan dikaji dalam penyusunan skripsi, pertama, bagaimana strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter disiplin dan tanggung jawab siswa kelas VII A MTsN 7 Indramayu? . Kedua, bagaimana hasil dari strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam pembentukan karakter disiplin dan tanggung jawab siswa kelas VII A MTsN 7 Indramayu?Tujuan penelitian ini adalah (1)Untuk mengetahui strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam membentukan karakter disiplin dan tanggung jawab siswa kelas VII A MTsN 7 Indramayu. (2) Untuk mengetahui hasil dari strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan karakter disiplin dan tanggung jawab siswa kelas VII A MTsN 7 Indramayu Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif Deskriptif dan menggunakan jenis penelitian Studi Kasus. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Strategi Guru PAI dalam membentuk karakter Disiplin peserta didik melalui guru memberikan contoh keteladanan dengan datang tepat waktu, guru mengarahkan peserta didik untuk membiasakan salam setiap masuk kelas atau bertemu bapak ibu guru, guru membiasakan setiap masuk ke area sekolah baik jam pertama atau pulang sekolah dengan tertib, guru membiasakan berdoa dan membaca surat-surat pendek sebelum pelajaran dimulai, guru memberikan sanksi dan hukuman terhadap peserta didik yang melanggar aturan dan tata tertib.dan Strategi guru PAI dalam membentuk karakter tanggung jawab melalui guru memberikan tugas baik dikerjakan di rumah maupun di sekolah, guru mengarahkan peserta didik untuk mengikuti kegiatan ekstrakurikuler, guru membiasakan peserta didik menyalin setiap materi yang telah disampaikan, guru memberikan hukuman atau sanksi.(2) hasil dari pembentukan karakter tanggung jawab dan disiplin adalah hasil pembentukan disiplin meliputi datang tepat waktu, masuk kelas dengan tertib, berpakaian sesuai ketentuan sekolah, tidak meninggalkan kelas pada waktu pelajaran, melakukan sholat dhuhur berjamaah, membaca surat-surat pendek sebelum pelajaran, selalu mengucapkan salam, hasil pembentukan karakter tanggung jawab meliputi selalu mengerjakan tugas, mengikuti kegiatan ekstrakurikuler, mematuhi tata tertib sekolah, menjaga kebersihan lingkungan dan menjaga kerukunan antar siswa, menghormati pegawai dan petugas sekolah.</p> 2023-09-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Journal Islamic Pedagogia