Aktualisasi Penggunaan ChatGPT dalam Penguasaan Materi Pembelajaran di Sekolah
DOI:
https://doi.org/10.31943/pedagogia.v5i1.133Keywords:
ChatGPT, Mastery of Material, Students, SchoolsAbstract
Teknologi informasi adalah suatu teknologi yang digunakan untuk menghasilkan informasi yang berkualitas berupa: informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu. ChaGPT adalah teknologi Articial Intelligence yang dibuat oleh perusahaan laboratorium riset Bernama OpenAI. ChaGPT merupakan teknologi perangkat cerdas yang memakai metode deep learning yang mana mampu memberikan output yang serupa dengan manusia ketika mengartikan dan menanggapi bahasa alami. Tantangan pelajar dalam penggunaan ChatGPT yang berlebihan juga memberikan dampak negatif berupa: penurunan jiwa kompetisi, menurunnya kualitas dalam berpikir kritis, ketergantungan terhadap solusi yang cukup instans, menjadi tidak kreatif, hilangnya minat literasi membaca dari berbagai sumber referensi baik dari jurnal maupun buku serta maraknya pelajar yang copypaste dalam mengerjakan tugas. Maka penting untuk melihat penggunaan ChatGPT dalam penguasaan materi pembelajaran di sekolah. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan tinjauan pustaka dalam rentang terbitan tahun 2020-2025 yang dapat diakses secara fulltext dalam format pdf dan ilmiah (peer reviewed journals) dengan menggunakan google schoolar, sehingga ditemukan sebanyak 5 artikel yang sudah disaring sesuai dengan pembahasan artikel yang diangkat tersebut.
References
Alfaiz & Julius, A. (2023). Dampak ChatGPT (Generative Pre-Trained Transformer) bagi Dunia Akademik dari Perspektif Psikologi Agentik. Takris: Journal of Community Service, 1(2), 84-90.
Agung, S., Trapsiolo, P., & Albertus, L. (2024). Dampak dan Tantangan Pemanfaatan ChatGPT dalam Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka: Tinjauan Literatur Sistematis. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 9(1), 134-152.
Aulyah, Dkk. (2024). Analisis Ketergantungan Penggunaan ChatGPT di Kalangan Mahasiswa Menyebabkan Penurunan Kualitas Belajar. Smartlock: Jurnal Sains dan Teknologi, 3(1), 6-10.
Auna, H. S. A., & Hamzah, N. (2024). Studi Perspektif Siswa Terhadap Efektivitas Pembelajaran Matematika Dengan Penerapan Chatgpt. HINEF: Jurnal Rumpun Ilmu Pendidikan, 3(1), 13-25.
Azzahra, F., A., Natanael, Abimanyu, F., T. (2023). Perubahan Sosial Akibat Kemunculan Teknologi Chat GPT di Kalangan Mahasiswa. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(11), 270-275.
Cholik, C., A. (2021). Perkembangan Teknologi Informasi Komunikasi / ICT dalam Berbagai Bidang. Jurnal Fakultas Teknik, 2(2), 39-46.
Dodi, S., Emilia, A., D., K., Saksia, I., J. (2023). Peran Chat Gpt (Generative Pre-Training Transfoermer) dalam Implementasi Ditinjau dari Dataset. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(3), 9527-9539.
Enni, Dkk. (2023). Sosialisasi Mengenai Aspek Hukum dari Penggunaan ChatGPT dalam Dunia Pendidikan di SMK AL-Wafa Kabupaten Bandung. Kabuyutan: Jurnal Kajian Ilmu Sosial dan Humoniora Berbasis Kearifan Lokal, 2(2), 92-99.
Farman, I., Wahid, A., Alamsyah, N., & Taufik, A. (2024). Transformasi Pendidikan di Era AI Studi Kasus Penggunaan Chatgpt dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 16393-16398.
Fauziah, S., Herman, N., & Dina, S. (2024). Literature Review: Application of Mentessori Method in The Formation of Independent Character in Early Childhood. Quality: Journal of Education, Arabic and Islamic Studies, 2(4), 262-271.
Firman, F. (2018). Pendidikan Multikultural, Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Masyarakat Majemuk Indonesia.
Ibnu, Dkk. (2024). Pengaruh ChatGPT Terhadap Proses Pembelajaran Mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi (JSTI), 6(3), 133-145.
Mukhlis, M. (2023). Persepsi Guru Terhadap Pemanfaatan ChatGPT dalam Mengembangkan Soal Literasi Membaca: Studi Kasus pada Sekolah Menengah di Provinsi Riau. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 9(1), 1-19.
Nilas, S., W., Firman & Neviyarni. (2024). Permasalahan dan Tantangan Pengawasan dalam Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling Pada Era Perkembangan Teknologi Informasi di Sekolah. Journal Islami Pedagogia, 4(2), 141-149.
Nugroho, Dkk. (2024). Implementasi AI ChatGPT Sebagai Alat Pendukung Pembelajaran Mahasiswa pada Prodi Sistem Informasi di Perguruan Tinggi Universitas Negeri Semarang. Jurnal Mediasi,3(1), 106-118.
Pratama, A., S., Aura, G., P., Abimanyu, M., D., A., & Delimda, Y. (2023). Pengaruh ChatGPT Terhadap Berpikir Kritis Mahasiswa Informatika Kelas D Angkatan 2023 Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Budaya, 3(3), 01-11.
Rahman, S., Sembiring, A., Aulia, R., Dafitri, H., & Liza, R. (2023). Pengenalan ChatGPT untuk meningkatkan pengetahuan siswa-siswi di SMK Negeri 1 Pantai Labu. Prioritas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(01), 1-7.
Ramadhan, F. K., Faris, M. I., Wahyudi, I., & Sulaeman, M. K. (2023). Pemanfaatan Chat GPT dalam dunia pendidikan. Jurnal Ilmiah Flash, 9(1), 25-30.
Regina, D., A., Shine, Q., F., Zizafun, N., & Nur, A., R. (2024). Analisis Pengaruh Penggunaan AI ChatGPT Terhadap Minat Baca Mahasiswa Sistem Informasi ITS. JPBB: Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Budaya, 3(3), 1-11.
Renti, Y., Dian, R., A. (2024). Analisis Swot Penggunaan Chat GPT dalam Dunia Pendidikan Islam. Fitrah: Jurnal Studi Pendidikan, 15(1), 43-64.
Saraswati, Dkk. (2023). Analisis Pengaruh ChatGPT terhadap Tingkat Kemalasan Berpikir Mahasiswa ITS dalam Proses Pengerjaan Tugas. JPBB: Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Budaya, 2(4), 40-48.
Wulandari, H., Rizdina, A. (2023). Dampak Penggunaan Chat GPT Pada Kompetensi Mahasiswa Akuntansi: Literature Review. Prosiding Senapan Jurnal, 3(1), 83-91.
Yunarzat, E., Sida, S. C., & Kasman, K. (2024). Pengaruh Penggunaan ChatGPT terhadap Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(2), 1607-1626.
Zein, A. (2023). Dampak Penggunaan ChatGPT pada Dunia Pendidikan. Jurnal Informatika Utama, 1(2), 19-24.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra