Pengembangan Model Bimbingan Kelompok dengan Teknik Proyeksi dalam Peningkatan Resiliensi Diri Siswa Korban Kekerasan Seksual

Authors

  • Robbi Asri Universitas Negeri Padang
  • Ifdil Ifdil Universitas Negeri Padang
  • Yeni Karneli Universitas Negeri Padang
  • Netrawati Netrawati Universitas Negeri Padang
  • Rendy Amora Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.31943/pedagogia.v4i2.126

Keywords:

Teknik Proyeksi, Ketahanan, Korban Kekerasan Seksual

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis pengembangan model bimbingan kelompok dengan teknik proyeksi dalam peningkatan resiliensi diri siswa korban kekerasan seksual. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif dengan Research and Development (R&D). Subjek penelitian ini adalah 10 siswa korban kekerasan seksual untuk kelompok eksperimen di SMA N 15 Padang. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dokumen dan instrumen penelitian resiliensi diri. Data dianalisis dengan menggunakan Wilcoxon Signed Ranks Test dan SPSS versi 21.00. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa (1) model bimbingan kelompok dengan teknik proyeksi berbasis user website dinilai layak digunakan oleh Guru BK/Konselor dalam peningkatan resiliensi diri siswa korban kekerasan seksual, (2) tingkat keterpakaian model bimbingan kelompok dengan teknik proyeksi dinilai sangat baik digunakan dalam layanan bimbingan dan konseling. Maka dapat diketahui prototype model bimbingan kelompok dengan teknik proyeksi dalam peningkatan resiliensi diri siswa korban kekerasan seksual dinyatakan layak dan dapat dimanfaatkan oleh Guru BK/Konselor dalam meningkatkan resiliensi diri siswa korban kekerasan seksual.

References

Amalia, F., & Kustijono, R. (2017). Efektifitas penggunaan Model dengan Sigil untuk melatihkan kemampuan berpikir kritis. Prosiding Seminar Nasional Fisika (SNF), 1, 81–85.

Andini, Y. R. (2022). Hubungan Dukungan Sosial dengan Resiliensi Siswa dalam Belajar Online di SMAN 1 Ranah Pesisir di Era New Normal. Universitas Negeri Padang.

Anggriany, N. (2006). Motif sosial dan resiliensi remaja pagaralam. Psikologika: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Psikologi, 11(21), 51–63.

Ayu, F., & Fuzi, A. (2020). The Praktikalitas Pengembangan Model Fisika Berbantuan Edmodo Berbasis Discovery Learning dalam Proses Pembelajaran Fisika. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Sains, 1(3), 66–71.

Azzahra, A. S., Japar, M., & Lianasari, D. (2023). Personal Branding Melalui Rational Emotive Behavior Therapy Untuk Meningkatkan Resiliensi. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 13(1), 70–78.

Bastaman. (2007). Logoterapi: Psikologi untuk Menemukan Resiliensi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Corey, G. (2016). Theory and Practice Of Cousneling and Psychotherapy. California State University. American Board Of Profesional Pyschology.

Devogler, K. L., & Ebersole, P. (1980). Categorization of college students’ meaning of life. Psychological Reports, 46(2), 387–390.

Dewantini, N. L. I. C., Fauzia, R., & Safitri, J. (2020). Gambaran Resiliensi Pada Korban Pedofilia Di Denpasar, Bali (Studi Kasus Pada Kp & Wn). Jurnal Kognisia, 3(1), 85-93.

Dik, B. J., Steger, M. F., Fitch-Martin, A. R., & Onder, C. C. (2013). Cultivating meaningfulness at work. The Experience of Meaning in Life: Classical Perspectives, Emerging Themes, and Controversies, 363–377.

Diniarti, N. K. S. (2017). Logoterapi: Sebuah Pendekatan Untuk Hidup Bermakna. Bali: Universitas Udayana.

Ernawati, R. (2020). Buku Materi Pembelajaran Profesionalisasi BK.

Fitriyanti, P. (2021). Penggunaan Model untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Menengah Pertama. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(2), 170–177.

Fikriana, T. A., & Diantina, F. P. (2019). Resiliensi pada Wanita Dewasa yang Pernah Mengalami Kekerasan Seksual di Kota Bandung. Prosiding Psikologi, 122-128.

Hariko, R. (2021). Bimbingan Kelompok Agentik: Model Peningkaan Perilaku Prososial Siswa. Jakarta: CV Literasi Nusantara

Haryati, A. (2020). Online Counseling Sebagai Alternatif Strategi Konselor dalam Melaksanakan Pelayanan E-Counseling di Era Industri 4.0. Bulletin of Counseling and Psychotherapy, 2(2), 27–38.

Hayati, R., Firman, F., & Afdal, A. (2021). Pengembangan Panduan Layanan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Resiliensi Siswa dalam Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba. Jurnal Neo Konseling, 3(3), 24–31.

Insani, A. (2022). Pengembangan Model Interaktif Bimbingan Karir Sebagai Informasi Studi Lanjut Bagi Siswa SMA Di Kabupaten Sinjai.

Jayanti, E., Ramadhani, E., & Surtiyoni, E. (2022). Pengembangan Model Layanan Informasi Konsep Diri Positif untuk Kebutuhan Siswa di MTS Assa’adah Tanjung Lubuk. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 1142–1146.

Karningsih, K. (2021). Implementasi Program Indonesia Pintar Di Era Pandemi Covid-19. Public Service and Governance Journal, 2(02), 41–49.

Karsani, K. (2019). Efektivitas Layanan Informasi Karir Untuk Meningkatkan Perencanaan Karir Peserta Didik Kelas Xi Di Sma Budaya Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2018/2019. UIN Raden Intan Lampung.

Kasim, S. N. O. (2017). Pengembangan panduan permainan tradisional bugis-makassar dalam meningkatkan keterampilan sosial Siswa. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling, 3(1).

Khoirudin, A. (2022). Menemukan Resiliensi. Bandung: CV Jejak (Jejak Publisher).

King, L. A., & Hicks, J. A. (2021). The science of meaning in life. Annual Review of Psychology, 72, 561–584.

Kurniati, R. (2019). Efektivitas Pendekatan Cognitive Behavior Therapy Dengan Teknik Self-management Untuk Mengurangi Penggunaan Smartphone Secara Berlebihan Pada Peserta Didik Kelas VIII SMP NEGERI 4 Bandar Lampung. UIN Raden Intan Lampung.

Kusumaningrum, S. A. (2022). Pengembangan panduan konseling eksistensial untuk mengarahkan resiliensi siswa pengguna media sosial. Universitas Negeri Malang.

Maimunah, M., & Arumi, E. R. (2019). Upaya Pengembangan Bakat Kreatifitas Bagi Siswa Smk Melalui Pembuatan Model Interaktif. Prosiding Seminar Nasional Lppm Ump, 1, 584–590.

Maree, J. G., & Venter, C. J. (2018). Improving the Career Resilience of a Survivor of Sexual Abuse. Early Child Development and Care, 188(2), 240–249.

Meimunah, N. S. (2018). Implikasi konseling logoterapi terhadap resiliensi remaja: Studi kasus di asrama putri Darul Hikam. UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Neviyarni, N., & Irianto, A. (2016). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Mengurangi Perilaku Membolos Siswa. Konselor, 3(4), 180–195.

Ningsih, E. S. B., & Hennyati, S. (2018). Kekerasan seksual pada anak di Kabupaten Karawang. Jurnal Bidan, 4(2), 267040.

Parra, M. R. (2020). Depression and the meaning of life in university students in times of pandemic. International Journal of Educational Psychology, 9(3), 223–242.

Pattakos, A. (2010). Prisoners of our thoughts: Viktor Frankl’s principles for discovering meaning in life and work. Berrett-Koehler Publishers.

Prabowo, A., & Heriyanto, H. (2013). Analisis pemanfaatan buku elektronik (model) oleh pemustaka di perpustakaan SMA Negeri 1 Semarang. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 2(2), 152–161.

Priatama, R. P., Supenawinata, A., & Hidayat, I. N. (2019). Resiliensi dibalik seni tradisional: Studi fenomenologi resiliensi seniman Sunda. Jurnal Psikologi Islam Dan Budaya, 2(1), 43–64.

Rachmadiarti, F. (2020). Validitas Model Interaktif pada Materi Keanekaragaman Hayati untuk Melatihkan keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 9(2), 140–149.

Rizki, F. (2020). Studi Pemanfaatan Aplikasi SLiMS Untuk Penelusuran Bahan Pustaka Pada Perpustakaan Pengadilan Tinggi Agama Makassar. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Saleh, I. A. R., & Lib, D. (2005). Pengertian, Manfaat, dan Kelebihan Perpustakaan Digital. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Steger, M. F., Frazier, P., Oishi, S., & Kaler, M. (2006). The meaning in life questionnaire: assessing the presence of and search for meaning in life. Journal of Counseling Psychology, 53(1), 80.

Suliswarno, S. B. (2022). Resiliensi Pada Remaja Putri Korban Kekerasan Seksual. Motivasi : Jurnal Fakultas Psikologi Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda, 9(1).

Suwenda, I. P. P., & Surtiyoni, E. (2022). Model Layanan Karir Berbasis Kartun Untuk Meningkatkan Peminatan Karir Siswa Di SMA Negeri 12 Oku Timur. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 1959–1964.

Syahri, L. M., Netrawati, N., & Syahrial, S. (2022). Layanan Konseling Kelompok dengan Pendekatan Gestalt untuk Mengatasi Quarter Life Crisis pada Mahasiswa. Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi, 2(1), 13–20.

Triana, W., Irfan, A., Sayuti, S., & Alfari, A. (2022). Efektivitas Media Video Animasi dan Model terhadap Pengetahuan Remaja dalam Penatalaksanaan Penyalahgunaan Narkoba. Journal of Telenursing (JOTING), 4(2), 758–765.

Utami, D. D., & Setiawati, F. A. (2018). Resiliensi pada mahasiswa rantau: analisis faktor eksploratori skala resiliensi. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 11(1), 29–39.

Zahirah, U., Nurwati, N., & Krisnani, H. (2019). Dampak dan penanganan kekerasan seksual anak di keluarga. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 10.

Zidatunnur, S. F., & Rusilowati, A. (2021). Keterbacaan dan kepraktisan bahan ajar digital gerak melingkar berbantuan scratch berbasis stem untuk mahasiswa. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 10(2), 131–138.

Downloads

Published

2024-09-30

How to Cite

Asri, R., Ifdil, I., Karneli, Y., Netrawati, N., & Amora, R. (2024). Pengembangan Model Bimbingan Kelompok dengan Teknik Proyeksi dalam Peningkatan Resiliensi Diri Siswa Korban Kekerasan Seksual. Journal Islamic Pedagogia, 4(2), 190–203. https://doi.org/10.31943/pedagogia.v4i2.126