Konsep Adab Menuntut Ilmu Perspektif Muhammad Syakir Dalam Kitab Washoya Dan Relevansinya Dengan Etika Pendidikan Modern

Authors

  • Didik Himmawan Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra Indramayu
  • Khuzaimah Khuzaimah Mahasiswa PAI Universitas Wiralodra Indramayu
  • Evi Aeni Rufaedah Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra Indramayu

DOI:

https://doi.org/10.31943/pedagogia.v4i1.113

Keywords:

Adab, Kitab Washoya, Muhammad Syakir

Abstract

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan, yaitu penelitian yang dilakukan untuk memecahkan suatu masalah yang pada dasarnya bertumpu pada kajian kritis dan mendalam terhadap bahan pustaka yang relevan. Tinjauan pustaka semacam ini biasanya dilakukan dengan mengumpulkan data atau informasi dari berbagai sumber yang kemudian disajikan dengan cara baru atau untuk tujuan baru.baru. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Washoya al-abâ li al abnâ merupakan kitab klasik yang masih digunakan di beberapa pesantren sebagai media pendidikan akhlak. Buku Washoya berisi petuah-petuah kehidupan sehari-hari yang diperuntukkan bagi para pelajar. Setiap Nasihat yang disampaikan oleh Muhammad Syakir memiliki teks yang dijadikan acuan dalam penulisan buku ini. Dengan demikian, teks-teks yang berkaitan dengan teks nasehat bersumber dari Alquran, hadits, atau teks-teks dari kitab-kitab akhlak lainnya. Kemudian dalam Kitab Washoya membahas tentang adab antar manusia seperti adab terhadap orang tua, adab terhadap guru dan adab terhadap teman. Kemudian kitab Washoya juga membahas adab kepada santri seperti adab menuntut ilmu, adab muthola'ah, adab ibadah dan adab majelis. Selain itu, panel ini menunjukkan adanya relevansi antara konsep adab menurut Muhammad Syakir dengan etika pendidikan modern. Secara umum, analisis etika manusia penting dalam konteks pendidikan modern. Pendidikan modern menekankan perkembangan akademik, sosial, dan emosional siswa, yang semuanya terkait dengan interaksi dan hubungan satu sama lain. Dua analisis yang peneliti temukan adalah Analisis Etika Sesama Manusia dalam Buku Washoya dengan Etika Pendidikan Modern dan Analisis Etika Sesama Siswa dalam Buku Washoya dengan Etika Pendidikan Modern.

References

Achmadi, Abu dan Narbuko, Chalid. Metode Penelitian. Vol. 3, n.d.

Aeni, Nur. Konsep Pendidikan Akhlak Dalam Kitab Washoya Al-Aba’ Lil Abna’ Karangan Muhammad Syakir Al-Iskandari (Relevansinya dengan Pendidikan Islam), 2006. https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26346/.

Arifin, Pipin Hasan, Surya Hadi Darma, dan Dyah Wulandari. “Internalisasi Kitab Washoya Al-Abaa Lil Abnaa dalam Membentuk Akhlak Santri di Pondok Pesantren Ar-Rohmah Plered Purwakarta.” Jurnal Riset Agama 3, no. 1 (2023): 33–49.

Arkam, Rohmad, dan Rizki Mustikasari. “Pendidikan Anak Menurut Syaikh Muhammad Syakir Dan Relevansinya Dengan Tujuan Pendidikan Di Indonesia.” Jurnal Mentari 1, no. 1 (2021): 7.

Asrori, Ma’ruf. Etika Belajar Bagi Penuntut Ilmu, (Surabaya: Al-Miftah, 2012),15

Budiya, B. “Konsep Pendidikan Khuluqiyah dalam Perspektif Kitab Washoya Al Abaa Lil Abnaa Untuk Menanggapi Pendidikan Era Industri 4.0.” Attaqwa: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam 16 (2020): 95–112. http://jurnal.staidagresik.ac.id/index.php/attaqwa/article/view/61%0Ahttp://repository.unisma.ac.id/bitstream/handle/123456789/2334/61-Article Text-262-1-10-20200715.pdf?sequence=1.

Defani Suti, Eva, Eko Surbianto, dan Khambali. “Adab dalam Menuntut Ilmu Menurut Perspektif Syeikh Muhammad Syakir dalam Kitab Washoya Al Abaa’ Lil Abnaa.” Bandung Conference Series: Islamic Education 2, no. 2 (2022): 401–407.

Jannah, Fitriyatul. “Konsep Dasar Pendidikan Akhlak Dalam Kitab Washoya Al Aba’ Lil Abna Karya Syaikh Muhammad Syakir Al-Iskandari.” ISSN 2502-3632 (Online) ISSN 2356-0304 (Paper) Jurnal Online Internasional & Nasional Vol. 7 No.1, Januari – Juni 2019 Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta 53, no. 9 (2019): 1689–1699. www.journal.uta'45 jakarta.ac.id.

Karangan, Abna, Syeikh Muhammad, Dengan Akhlak, D I Era, dan Revolusi Industri. “Relevansi Kandungan Kitab Washaya Al- Aba’ Li Al-Abna’ Karangan Syeikh Muhammadsyakirdengan Akhlak Di Era Revolusi Industri 4.0,” 2022.

Mubin, Nor. “Pendidikan Karakter pada Anak Perspektif Washoya Al Abaa’ Lil Abnaa’ karya Syaikh Muhammad Syakir.” Atthiflah: Journal of Early Childhood Islamic Education 7, no. 2 (2020): 34–45.

Nafarozah, Hikmah, Akmaliyah Akmaliyah, Muhammad Nurhasan, dan Karman Karman. “Nasihat Syeikh Muhammad Syakir dalam Kitab Washoya Al- Abâ Lil Abnâ.” Az-Zahra: Journal of Gender and Family Studies 2, no. 2 (2022): 111–126.

Ratna Sari, Riana. “Islam Kaffah Menurut Pandangan Ibnu Katsir.” Ishlah: Jurnal Ilmu Ushuluddin, Adab dan Dakwah 1, no. 2 (2019): 132–151.

Sugiono. Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif, dan R&D. ALFABETA, 2022.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan. Edisi Ke-2. Bandung: Alfabeta, 2015.

Yusuf, P M. Metode Penelitian. Jakarta: Kencana, 2015.

Asrori, Ma’ruf. Etika Belajar Bagi Penuntut Ilmu, (Surabaya: Al-Miftah, 2012),15

Eko Jalu Santoso, Life Balance Wice, (Jakarta : Kompas Gramedia, 2010), 149.

Heri Gunawan, Pendidikan Islam Kajian Teoritis, 204.

Ma’ruf Asrori, Etika Belajar Bagi Penuntut Ilmu

Thariq Aziz Jayana, Adab dan Do’a Sehari-Hari untuk Muslim Sejati, (Jakarta: PT elex Media Komputindo, 2018), 1.

Zakiah Daradjat, Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2011), 30.

Muhammad Syakir, Nasehat Orangtua Kepada Anaknya, terj. Achmad sunarto (Surabaya: Al Miftah, Tt), 45.

Syaifullah Yusuf, “Konsep Pendidikan Adab Syeikh Muhammad Syakir dalam Menjawab Tantangan

Pendidikan Era Digital (Eksplorasi Kitab Washoya Al-Aba’ Lil Abna’),” Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 1(Mei, 2019), 4.

Zaenullah, “Kajian Adab dalam Kitab Washoya

Samsul Nizam, Zainal Abidin Hasibuan, Pendidikan Ideal Bangunan Character Building, (Depok:

Prenada Media Group. 2018), 97.

Anjali Sriwijbant, Anisa Amalia, et.al., Hadits Tarbawi

Thoriq Aziz Jayana, Adab dan Doa Sehari-Hari….., 4

Ivan Eldes Defrita, “Ilmu dan Hakekat Ilmu Pengetahuan dalam Nilai Agama, Jurnal Iain Pontianak, 159

Safrida, Aqidah dan Etika dalam Biologi, (Banda Aceh: Syiah Kuala University Press, 2017), 133.

Abdul Majid Khon, Hadis Tarbawi (Hadis-Hadis Pendidikan), (Jakarta: Kencana, 2014), 139.

Husein Syahatah, Kiat Islam Meraih Prestasi, (Jakarta : Gea Insani, 2004), 2-3

Ayu Lestari, Kiat-Kiat Cerdas Cendekiawan Muda Islam, (Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2016), 57.

Syaikh Muhammad Bin Shalih Al-‘Utsaimin, Syarah Adab dan Menuntut Ilmu, (Jakarta: Pustaka Imam Asy Syafi'i, 2005), 9.

Remiswal, Arwam Junaidi Firman, Konsep Fitrah dalam Pendidikan Islam (Paradigma Membangun Sekolah Ramah Anak), (Yogyakarta: Diandra

Ahmad Fahrisi, Kecerdasan Spiritual

Downloads

Published

2024-03-30

How to Cite

Himmawan, D. ., Khuzaimah, K., & Evi Aeni Rufaedah. (2024). Konsep Adab Menuntut Ilmu Perspektif Muhammad Syakir Dalam Kitab Washoya Dan Relevansinya Dengan Etika Pendidikan Modern. Journal Islamic Pedagogia, 4(1), 82–91. https://doi.org/10.31943/pedagogia.v4i1.113