Etika Memproduksi Konten Media Sosial Perspektif Al-Qur’an
DOI:
https://doi.org/10.31943/pedagogia.v3i2.100Keywords:
Konten, Media, Kreator, EtikaAbstract
Kemajuan teknologi telah mengakselerasi perkembangan media dengan pesat. Peran media bukan hanya sebagai penyedia informasi, tetapi telah mengalami transformasi menjadi industri yang menjanjikan keuntungan finansial jika dikelola dengan efektif. Dalam ekosistem media, setiap individu pengguna menjadi pencipta, dan apa yang dihasilkannya dikenal sebagai konten. Namun, saat ini terdapat tren sosial di mana beberapa pencipta konten hanya fokus pada keuntungan materi tanpa memperhatikan nilai-nilai positif yang dapat dihadirkan dalam karya mereka. Hal ini bisa menyesatkan dan berdampak merugikan, baik bagi mereka sendiri maupun orang lain. Oleh karena itu, sebagai panduan dalam pembuatan konten, prinsip-prinsip yang diuraikan dalam Al-Quran menjadi acuan penting. Termasuk di dalamnya adalah ajaran dari Surah Al-Hujurat ayat 6, Surah Al-Hujurat ayat 12, dan Surah Al-Isra’ ayat 7.
References
Agustina, L. (2020). Viralitas Konten di Media Sosial. Majalah Semi Ilmiah Populer Komunikasi Massa, 149.
Al-Ayyubi, M. Z. (2019). Etika Bermedia Sosial Dalam Menyikapi Pemberitaan Bohong (Hoax) Perspektif Hadis. Jurnal Studi Ilmu-Ilmu Al-Qur’an Dan Hadis, 19(2), 148. https://doi.org/10.14421/qh.2018.1902-02
Al-Jauzi, I. (n.d.). ‘Zaad al-Masiir Fii ‘Ilm at-Tafsiir. Darul Kitab al-Arabiy.
Al-Maraghi, A. B. M. (1365). Tafsiirul Maraghi. Musthafa al-baba al halbi.
Aminullah, M. (2021). Etika Jurnalisme dan Pembentukan Masyarakat Sadar Informasi, Book Series Jurnalisme Kontemporer: Etika dan Bisnis dalam Jurnalisme. Syiah Kuala University Press.
Antara. (2023). Buntut Konten Baca Bismillah saat Makan Kulit Babi, Selebgram Lina Mukherjee Terancam 6 Tahun Penjara. Tempo.Co.
Arifin, A. (2018). Kajian Komunikasi Massa Pada Surah Al-Hujurat Ayat 6. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Raushan Fikr, 7(1), 35–50. https://doi.org/10.24090/jimrf.v7i1.2205
Baidan, Nashruddin dan Aziz, E. . (2016). Metodologi Khusus Penelitian Tafsir. Pustaka Pelajar.
Baiquni, Syawaqi, R. . A. (1996). Indeks Al-Quran (Cara Mencari Ayat Al-Quran). Arkola.
Basarah, F. F., & Romaria, G. (2020). Perancangan Konten Edukatif Di Media Sosial. Jurnal Abdi Masyarakat (JAM), 5(2), 22. https://doi.org/10.22441/jam.2020.v5.i2.006
Fadhilah, N., & Deswalantri, D. (2022). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Al-Qur’an Surat Al-Hujurat Ayat 11-13: Kajian Tafsir Al-Azhar Karya Hamka. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(3), 13525–13534. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i3.4468
Harnadi, A. V. (2017). Analisis Konten Serial Film Animasi Upin Dan Ipin Musim 8 Ditinjau dari Prinsip Desain Pesan Pembelajaran. E-Jurnal Prodi Teknologi Pendidikan, 6(4), 383–392.
Irhamdi, M. (2018). Menghadirkan Etika Komunikasi Dimedia Sosial (Facebook). Komunike, 10(2), 139–152. https://doi.org/10.20414/jurkom.v10i2.676
Juminem, J. (2019). Adab Bermedia Sosial Dalam Pandangan Islam. Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(1), 23. https://doi.org/10.32678/geneologipai.v6i1.1799
Muslimah. (2016). Etika Komunikasi dalam Perdagangan Islam. Sosial Budaya, 13(2), 115–126.
Nazaruddin, Alfiansyah, M. (2016). Etika Komunikasi Islami di Media Sosial Dalam Perspektif Al-Quran dan Pengaruhnya Terhadap Keutuhan Negara. Jurnal Peurawi, 6(August), 128.
Nita, D. (2023). Selebgram Oklin Fia Dilaporkan Kasus Dugaan Pelanggaran Keasusilaan Gara-gara Konten Es Krim. Kompas.Com.
Putri, V. K. A. (2018). Media Sosial Terintegrasi dalam Komunikasi Pemasaran Brand: Studi Komparasi Pemanfaatan Media Sosial Oleh High dan Low Involvement Decision Brand. Jurnal Komunikasi Indonesia, 4(2), 110–111. https://doi.org/10.7454/jki.v4i2.8889
Sari, R. P. (2022). Dijuluki Dilan KW hingga Viral di TikTok, Siapa Alif Cepmek? Kompas.Com.
Shihab, M. Q. (2002). Tafsir Al-Mishbah: Pesan, Kesan, dan Keserasian Al-Quran Surah Al-Fatihah-Surah Al-Baqarah (Jilid 1). In Tafsir Al-Misbah.
Suri, S. (2022). Tafsir Dakwah Q.S an-Nahl Ayat 125 Dan Relevansinya Dengan Masyarakat. Jurnal Kajian Dakwah Dan Masyarakat Islam, 12(2), 55–73. https://doi.org/https://doi.org/10.47766/liwauldakwah.v12i2.1245
Syaikh, A. bin M. A. (2019). Tafsir Ibnu Katsir : terjemahan kitab Lubabut tafsir min Ibni Katsir. Yayasan Mitra Netra.
Wardani, E. K. (2021). Pengaruh Konten Food Vlogger Dan Peran Media Sosial Terhadap Minat Beli Pada Usaha Kuliner ( Studi Pada Warung Makan Mbok Cimplek Jatipuro ). 6–11.
Zaakiyah, R. (2023). 10 Potret Intan Lembata, Viral Karena Lagu Begitu Sulit Lupakan Rehan. Idntimes.Com.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra