Implementasi Metode Qira’ati dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an di TPQ Hidayatul Ihsan Perumahan Abdi Karya Terusan Indramayu

Authors

  • Nasuha Nasuha Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Wiralodra
  • Ibnudin Ibnudin Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra Indramayu
  • Ibnu Rusydi Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra Indramayu

DOI:

https://doi.org/10.31943/pedagogia.v3i2.95

Keywords:

Al-Qur’an, Implementasi, Metode Qira’ati

Abstract

Metode Qira’ati merupakan metode pembelajaran membaca Al-Qur’an dengan memperhatikan ketepatan membaca, sehingga para pembaca mampu membaca Al-Qur’an secara baik dan benar sesuai kaidah ilmu tajwid. Perlunya program pendidikan membaca Al-Qur’an untuk memberikan kemampuan membaca Al-Qur’an bagi umat islam di Indramayu serta untuk menigkatkan generasi-generasi Qur’ani. Peneliti berusaha untuk meneliti tentang pembelajaran metode Qira’ati. Sehingga dalam kaitanya dengan penelitian ini, peneliti dapat merumuskan masalah yang akan dikaji dalam penyusunan skripsi ini. Pertama, bagaimana implementasi metode Qira’ati? Kedua, Seberapa besar pengaruh metode Qira’ati dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di TPQ Hidayatul Ihsan Terusan Indramayu? Penyusunan skripsi ini bertujuan untuk mengetahui implementasi metode Qira’ati serta pengaruh metode Qira’ati dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di TPQ Hidayatul Ihsan Terusan Indramayu. Adapun jenis penelitian ini adalah jenis penelitian Lapangan (field research) jenis penelitian yang didasarkan pada data-data yang diperoleh langsung dari tempat penelitian. Dari hasil penelitian implementasi metode Qira’ati di TPQ Hidayatul Ihsan Terusan Indramayu menggunakan 4 jilid buku pembelajaran. Serta penerapan metode Qira’ati sangat berpengaruh dikarenakan banyak murid cepat memahami dan kemampuan membaca Al-Qru’an. Adapun kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa Penerapan metode Qira’ati yang di terapkan TPQ Hidayatul Ihsan Terusan Indramayu sangat berpengaruh pada pembelajaran membaca Al-Qur’an

References

Anas Sudijono, Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta, Rajawali Pers, 2011

Burhan Bungin, Metodologi Penelitian Kuantitatif, Jakarta: Prenadamedia Group, 2019

Hasil wawancara dengan Ibu Ani (pada 6 Desember 2021 pukul 16:15 WIB)

Himmawan, D., & Ibnu Rusydi. (2021). Pelaksanaan Metode Active Learning dalam Pembelajaran Bahasa Arab di MTs Al-Ghozali Jatibarang Kabupaten Indramayu. Journal Islamic Pedagogia, 1(2), 31–39. https://doi.org/10.31943/pedagogia.v1i2.39

Rully Indrawan, Poppy Yaniawati, Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Campuran, Bandung: PT. Rifka Aditama, 2016

Sugiyono, Metode Penelitian Kombinasi, Bandung: Alfabeta, 2018

Muhamad Mustari, M. Taufiq Rahman, Pengantar Metode Penelitian, Yongyakarta: LaksBang Pressindo, 2012

Rica Anita, & Didik Himmawan. (2022). Efektivitas Metode Qiroati dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Santri TPQ Hidayatul Ihsan Sindang Indramayu. Journal Islamic Pedagogia, 2(2), 100–105. https://doi.org/10.31943/pedagogia.v2i2.64

Downloads

Published

2023-06-16

How to Cite

Nasuha, N., Ibnudin, I., & Rusydi, I. . (2023). Implementasi Metode Qira’ati dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an di TPQ Hidayatul Ihsan Perumahan Abdi Karya Terusan Indramayu. Journal Islamic Pedagogia, 3(2), 98–106. https://doi.org/10.31943/pedagogia.v3i2.95