Sejarah Perkembangan Ilmu di Dunia Barat

Authors

  • Supriadi Supriadi Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Agama Islam

DOI:

https://doi.org/10.31943/pedagogia.v3i1.84

Keywords:

Sejarah, Perkembangan, Ilmu Dunia Barat

Abstract

Riset ini bertujuan untuk menguraikan tentang sejarah perkembangan ilmu di dunia barat dari zaman Yunani kuno hingga kontemporer. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yaitu library research (kepustakaan) yang sumber datanya berasal dari buku, artikel dan beberapa literatur lainnya.  Data yang dikumpulkan kemudian dianalisis menggunakan analisis konten supaya memudahkan untuk menemukan ide pokok dari berbagai sumber yang telah dikumpulkan, kemudian dinarasikan ke dalam fokus kajian. Adapun hasil dari kajian ini adalah periodisasi dari sejarah perkembangan keilmuan barat terdiri dari 1) masa Yunani Kuno terbagi menjadi masa pra-Sokrates atau lebih dikenal sebagai filsuf alam yang menyelidiki tentang arkhe (asal mual alam), Masa Sokrates, Plato dan Aristotle dan yang ketiga adalah periode Romawi dan Helenisme, 2) Periode Abad Pertengahan dimana lebih didominasi oleh kekuasaan gereja (agamawan) atas otonomi keilmuan dengan semboyan anshilla theologia, 3) Masa Renainsance dan periode modern yang lebih menekankan kepada integrasi antara fisika dan kimia, 4) Kontemporer yang diawali dengan filsafat dari Nietzche dan terus berkembangnya keilmuan yang pesat dalam teknologi.

References

Abidin, Zainal. Pengantar Filsafat Barat. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2011.

Endraswara, Suwardi. Metodologi Penelitian Sastra. 4 ed. Yogyakarta: Media Pressindo, 2008.

Hadiwijono, Harun. Sari Sejarah Filsafat Barat 2. 28 ed. Yogyakarta: PT Kanisius, 2016.

Hamzah, Amir. Metode Penelitian Kepustakaan (Library Research) Kajian Filosofis, Aplikasi, Proses dan Hasil Penelitian. Malalng: Literasi Nusantara, 2020.

Karim, Abdul. “Sejarah Perkembangan Ilmu Pengetahuan.” Jurnal Fikrah 2, no. 1 (2014).

Lubis, Nur Al. Fadil. Pengantar Filsafat Umum. Medan: Penerbit Perdanal Mulya Sarana, 2015.

Maskhuroh., Lailatul. “Aliran-Aliran Filsafalt Baralt Kontemporer (Postmodernisme).” Urwatul Wutqo Jurnal Kependidikan daln Keislaman 10, no. 1 (2021).

Muliadi. Filsafat Umum. Bandung: Fakultals Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati, 2020. https://digilib.uinsgd.alc.id/32966/1/BUKU%20DAlRAlS%20FISAlFAlT%20UMUM-Lengkalp.pdf.

Russell, Bertrand. Sejaralh Filsafalt Baralt: Kaitanya Dengan Kondisi Sosio Politik Zaman Kuno Hingga Sekarang. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset, 2002.

Suaedi. Pengantar Filsafat Ilmu. Bogor: IPB Press, 2016.

Sudaryanto. Azas-Azas Filsafat. Yogyakarta: Fakultas Filsafat UGM, 2013.

Surajiyo. Filsafat Ilmu dan Perkembangannya Di Indonesia: Suatu Pengantar. Jakarta: Bumi Aksara, 2007.

Wahab, Anwar Khoironi Abdul. “Sejarah Perkembangan Ilmu di Dunial Barat.” UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2019.

Downloads

Published

2023-03-25

How to Cite

Supriadi, S. (2023). Sejarah Perkembangan Ilmu di Dunia Barat. Journal Islamic Pedagogia, 3(1), 8–17. https://doi.org/10.31943/pedagogia.v3i1.84