IMPLEMENTASI METODE QIROATI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR'AN PADA SANTRI TPQ HIDAYATUL IHSAN KEC. SINDANG KAB. INDRAMAYU

Authors

  • Didik Himmawan Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra Indramayu
  • Muhammad Ali Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra Indramayu
  • Rica Anita Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra Indramayu

DOI:

https://doi.org/10.58355/pedagogia.v1i2.64

Keywords:

Metode Qiroati, Al-Qur’an, Santri

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas penggunaan metode qiroati dalam meningkatkan kemampuan membaca Alquran pada santri TPQ Hidayatul Ihsan Kec. Sindang, Kab. Indramayu. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif merupakan suatu proses dalam penelitian yang dapat menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis ataupun lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati dan dilakukan pada TPQ Hidayatul Ihsan melalui observasi dan wawancara. Hasil dari penelitian ini adalah : (1) Pelaksanaan pembelajaran di TPQ Hidayatul Ihsan dimulai dari hari senin sampai dengan jumat pukul 16.00 s.d 17.30 WIB. Proses pembelajaran dimulai dengan kegiatan pembuka, kegiatan inti dan kegiatan do'a atau penutup. (2) Metode qiroati menurut para santri dan wali santri di pandang cukup efektif dalam meningkatkan pemahaman membaca alquran karena bacaan mudah dipahami.

Published

2021-11-20

How to Cite

Didik Himmawan, Muhammad Ali, & Rica Anita. (2021). IMPLEMENTASI METODE QIROATI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA SANTRI TPQ HIDAYATUL IHSAN KEC. SINDANG KAB. INDRAMAYU. Journal Islamic Pedagogia, 1(2), 40–45. https://doi.org/10.58355/pedagogia.v1i2.64