Efektivitas Metode Qiroati dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an Santri TPQ Hidayatul Ihsan Sindang Indramayu

Authors

  • Rica Anita Prodi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam Universitas Wiralodra Indramayu
  • Didik Himmawan Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra Indramayu

DOI:

https://doi.org/10.31943/pedagogia.v2i2.64

Keywords:

Metode Qiroati, Al-Qur’an, Santri TPQ Hidayatul Ihsan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas penggunaan metode qiroati dalam meningkatkan kemampuan membaca Alquran pada santri TPQ Hidayatul Ihsan Kec. Sindang, Kab. Indramayu. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, metode kualitatif merupakan suatu proses dalam penelitian yang dapat menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis ataupun lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati dan dilakukan pada TPQ Hidayatul Ihsan melalui observasi dan wawancara. Hasil dari penelitian ini adalah : (1) Pelaksanaan pembelajaran di TPQ Hidayatul Ihsan dimulai dari hari senin sampai dengan jumat pukul 16.00 s.d 17.30 WIB. Proses pembelajaran dimulai dengan kegiatan pembuka, kegiatan inti dan kegiatan do'a atau penutup. (2) Metode qiroati menurut para santri dan wali santri di pandang cukup efektif dalam meningkatkan pemahaman membaca alquran karena bacaan mudah dipahami.

References

(n.d.). Retrieved from Sejarah Metode Qiroati : https://textid.123dok.com/document/ozlxonvozsejarahmetodeqiroatimetodeqiroati.html

Ali, R. (2017). Efektivitas Metode Qiroati Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an Siswa SDIT Bunayya Medan. Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora Vo. 2 No. 1.

Deepublish, P. (2019, Desember 16). Pengertian Membaca: Arti, Tujuan, Manfaat dan Komponen Membaca. Retrieved Januari 08, 2022, from Penerbit Buku Deepublish: https://penerbitbukudeepublish.com/pengertian-membaca/

Himmawan, D., & Ibnu Rusydi. (2021). Pelaksanaan Metode Active Learning Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di MTs Al-Ghozali Jatibarang Kabupaten Indramayu. Journal Islamic Pedagogia, 1(2), 31–39. https://doi.org/10.31943/pedagogia.v1i2.39

Jauhar Fuad (2014, Juni 7). Tentang Belajar Membaca Al Quran Metode Qiroati (I/II). Retrieved Januari 08, 2022, from Kampung Qur;an Mataqu: https://kampungquranmataqu.com/blog/tentang-belajar-membaca-al-quran-metode-qiroati-i-ii.html

Kemenag, (2019), Qur’an Kemenang in Microsoft Word’s.

Musanna, A. (2017). Indigenisasi Pendidikan: Rasionalitas Revalitas Praksis Pendidikan Ki Hadjar Dewantara. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Vol. 2 Nomor 1.

Nurkholis. (2013, Nopember 1). Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal Kependidikan Vol.1 Nomor 1.

Ricka Alimatul Ulfa, (2020). Implementasi Metode Qiroati Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran Pada Mata Pelajaran Al-Quran Hadits Di Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Merandung Jaya. Skripsi (IAIN Metro Lampung).

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R and D. Bandung: Alfabeta.

Published

2022-09-27

How to Cite

Anita, R. ., & Himmawan, D. . (2022). Efektivitas Metode Qiroati dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Santri TPQ Hidayatul Ihsan Sindang Indramayu. Journal Islamic Pedagogia, 2(2), 100–105. https://doi.org/10.31943/pedagogia.v2i2.64