IMPLEMENTASI METODE QIROATI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR'AN PADA SANTRI TPQ HIDAYATUL IHSAN KEC. SINDANG KAB. INDRAMAYU
DOI:
https://doi.org/10.58355/pedagogia.v1i2.64Keywords:
Metode Qiroati, Al-Qur’an, SantriAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas penggunaan metode qiroati dalam meningkatkan kemampuan membaca Alquran pada santri TPQ Hidayatul Ihsan Kec. Sindang, Kab. Indramayu. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif merupakan suatu proses dalam penelitian yang dapat menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis ataupun lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati dan dilakukan pada TPQ Hidayatul Ihsan melalui observasi dan wawancara. Hasil dari penelitian ini adalah : (1) Pelaksanaan pembelajaran di TPQ Hidayatul Ihsan dimulai dari hari senin sampai dengan jumat pukul 16.00 s.d 17.30 WIB. Proses pembelajaran dimulai dengan kegiatan pembuka, kegiatan inti dan kegiatan do'a atau penutup. (2) Metode qiroati menurut para santri dan wali santri di pandang cukup efektif dalam meningkatkan pemahaman membaca alquran karena bacaan mudah dipahami.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra