UPAYA MEMPERERAT SILATURAHMI MELALUI KEGIATAN PENGAJIAN KELILING DI KECAMATAN CANTIGI KABUPATEN INDRAMAYU

Authors

  • Karimatun Nisa Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra
  • Didik Himmawan Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra
  • Ibnu Rusydi Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra

DOI:

https://doi.org/10.31943/pedagogia.v1i2.35

Keywords:

pengajian keliling, jam’iyah, Silaturahmi

Abstract

Pengajian keliling lebih banyak dikenal di kalangan masyarakat di sebuah pedesaan karena memiliki nilai agamis dan memiliki dan memiliki jiwa semangatnya yang lebih tinggi untuk mempelajari ilmu agama baik dari remaja sampai orang tua, biasanya orang tua yang masih ingin mempelajari ilmu agama atau bahkan masih kurang pengetahuan tentang agama, mereka sangat antusias dalam mengikuti kegiatan pengajian keliling untuk mengisi kekosongan yang lebih bermanfaat dibandingkan dengan hanya berdiam diri di rumah. Pengajian keliling merupakan salah satu bentuk pendidikan agamis yang sangat dibutuhkan oleh orang-orang sebagai tempat pengetahuan yang islami dan meningkatkan nilai-nilai agama yang lebih baik dan dapat mengikuti aturan-aturan islam. Pengajian keliling yang dilakukan ini bukan hanya sekedar pengajian biasa akan tetapi bisa mempererat tali silaturahmi yang mungkin sudah lama putus bisa menjalin silaturahmi kembali, sehingga satu sama lain saling menebar kebaikan. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data ini menggunakan wawancara observasi dan dokumentasi. Kegiatan jam’iyah keliling memberikan pengaruh dalam mempererat silaturahmi kegiatan ngaji keliling yaitu pengaruhnya positif tidak ada kendala apapun, anggota jam’iyah antusias dalam mengikuti kegiatan ngaji keliling di Desa Cantigi Kulon, dan silaturahmi terhadap masyarakat lebih terjalin

References

Published

2021-09-29

How to Cite

Karimatun Nisa, Didik Himmawan, & Ibnu Rusydi. (2021). UPAYA MEMPERERAT SILATURAHMI MELALUI KEGIATAN PENGAJIAN KELILING DI KECAMATAN CANTIGI KABUPATEN INDRAMAYU. Journal Islamic Pedagogia, 1(2), 7–12. https://doi.org/10.31943/pedagogia.v1i2.35