Keutamaan Orang Berilmu (Analisis Q.s Al-Ankabut Ayat 41-43)

Authors

  • Astri Aas Program Studi PAI Universitas Wiralodra

DOI:

https://doi.org/10.31943/pedagogia.v1i1.30

Keywords:

Q.S Al-Ankabut ayat 41-43, Keutamaan Orang Berilmu, Keilmuan

Abstract

Dalam hal ini sangat perlu untuk dibahas atau dikaji mengenai keutamaan ornag berilmu, penjelasan yang tertera pada Q.S Al-‘Ankabut ayat 41-43. Dalam hal ini keutamaan tidak ada yang mampu membedakan antara manusia dengan binatang atau makhluk ciptaaan Allah kecuali pada tingkatan ilmunya. Sehingga sebagai tolak ukur yang digunakan untuk melihat seberapa mulia derajat kemanusiaannya maupun sebalikya. Karena sebagian dari manusia dengan konteks karir keimanan atau kepercayaan ada dari ilmu yang mengarahkan kepada keimanan dan sebagian lain ada yang keimanan kemudian diarahkan untuk mencari ilmu.

            Ilmu sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Dengan ilmu manusia dilakukan menjadi pembawa risalah kekhalifahan dimuka bumi, yang memiliki kewajiban untuk memakmurkan dan mengembangkannya. Didalam Al-Qur’an memberi isyarat-isyarat bahwa yang berhak meimpin umat adalah orang yang memiliki ilmu, sebagaimana telah disebutkan dalam Q.S Al-‘Ankabut.

Published

2021-03-08

How to Cite

Aas, A. (2021). Keutamaan Orang Berilmu (Analisis Q.s Al-Ankabut Ayat 41-43). Journal Islamic Pedagogia, 1(1), 7–13. https://doi.org/10.31943/pedagogia.v1i1.30