Penerapan Pembelajaran Tahsin Al-Qur’an Menggunakan Metode As-Syafi’i Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Al-Qur’an Santri Di Rumah Tahfidz Quran (RTQ) Ulil Albab Indramayu
DOI:
https://doi.org/10.31943/pedagogia.v5i1.139Keywords:
Pendidikan Akhlak, Disiplin, Perbaikan AlquranAbstract
Al-Qur’an merupakan panduan penting bagi kehidupan manusia. Dalam pembelajaran Tahsin Al-Qur’an, salah satu metode yang digunakan adalah Metode As-Syafi’i, yang dikenal praktis, sistematis, dan mudah dipahami, seperti yang diterapkan di Rumah Tahfidz Quran (RTQ) Ulil Albab Indramayu. Penelitian ini berfokus pada dua rumusan masalah: bagaimana proses pembelajaran Tahsin dengan Metode As-Syafi’i di RTQ Ulil Albab Indramayu dan bagaimana penerapannya dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an santri di sana. Penelitian ini bertujuan memahami proses dan dampak pembelajaran Tahsin Al-Qur’an dengan Metode As-Syafi’i di RTQ Ulil Albab Indramayu. Metodologi yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif, melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode ini, melalui pelatihan asatidz, media visual, dan latihan intensif, memberikan dampak positif yang signifikan terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an santri.
References
Annuri, A. (2007). Panduan Tahsin dan Tilawah Al-Quran & Pembahasan Ilmu Tajwid. Bogor: Prim Publishing.
Anwar, S., & Salim, A. (2018). Pendidikan Islam dalam membangun karakter bangsa di era milenial. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 9(2), 243. https://doi.org/https://doi.org/10.24042/atjpi.v9i2.3628
Arifudin, I., & Rosyad, A. M. (2021). PENGEMBANGAN DAN PEMBAHARUAN PERGURUAN TINGGI KEAGAMAAN ISLAM DI INDONESIA: GAGASAN DAN IMPLEMENTASINYA. Al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 4(2), 425–438.
Atabik, A. (2014). Perkembangan Tafsir Modern di Indonesia. Perkembangan Tafsir Modern Di Indonesia.
Azra, A. (2017). Surau: Pendidikan Islam Tradisi dalam Transisi dan Modernisasi. Kencana.
Firmansyah, M., Masrun, M., & Yudha S, I. D. K. (2021). Esensi Perbedaan Metode Kualitatif Dan Kuantitatif. Elastisitas - Jurnal Ekonomi Pembangunan, 3(2), 156–159. https://doi.org/10.29303/e-jep.v3i2.46
Gumilang, N. A. (2021). Pengertian Wawancara:jenis,Teknik dan fungsinya: dan Fungsinya. Gramedia.Com.
Hidayat, T., Mahardiko, R., & Rosyad, A. M. (2023a). A Model Statistical during Covid-19 Future E-Commerce Revenue for Indonesia Aviation. International Journal of Information Engineering and Electronic Business, 14(1), 51.
Hidayat, T., Mahardiko, R., & Rosyad, A. M. (2023b). The Analysis of Data Preparation to Validate Model Values of Information Technology. Virtual Economics, 6(2), 23–34.
Ikhsan, M. A. (2019). Al-Quran Dan Deradikalisasi Paham Keagamaan Di Perguruan Tinggi: Pengarusutamaan Islam Wasathiyah. Al-Bayan: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Hadist, 2(2), 98–112. https://doi.org/10.35132/albayan.v2i2.71
Kambali, M. P. I. (2015). RELEVANSI PEMIKIRAN SYEKH AL-ZARNUJI DALAM KONTEKS PEMBELAJARAN MODEREN. Risâlah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), 17–30.
Kanedi, I., Utami, F. H., Zulita, L. N., & Pseudocode, J. (2017). Sistem pelayanan untuk peningkatan kepuasan pengunjung pada perpustakaan arsip dan dokumentasi kota bengkulu. 37–46.
Luzyawati, L., Rosyad, A. M., & Lissa, L. (2024). Students’ perception concerning e-learning based on moodle platform: A study of learning outcome. AIP Conference Proceedings, 2982(1).
Mahamood, S. F., Fikry, A., Hamzah, M. I., Khalid, M. M., Harun, H. M. F., Bhari, A., & Rosyad, A. M. (2022). Transformation Of Family Education Through An Artificial Intelligence Framework Based On Maqasid Shariah In Malaysia Through The Approach Of IAIA H3-ON: Transformasi Pendidikan Keluarga Melalui Kerangka Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence) Berasask. Al-Qanatir: International Journal of Islamic Studies, 28(2), 38–49.
Munif, M. (2017). Peningkatan Kompetensi Membaca Al- Qur’an…. Al-Tanzim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 76–88.
Nurchamidah, N., Azizah, N., Syafaruddin, B., Hamsah, M., & Rosyad, A. M. (2023). PROFESIONALISME GURU DALAM PERSPEKTIF AL-QURAN TAFSIR SURAT ALI IMRAN AYAT 164. Jurnal Progress: Wahana Kreativitas Dan Intelektualitas, 11(2), 149–162.
Pradipa, R., Nurchamidah, N., Safingah, K., Hamsah, M., & Rosyad, A. M. (2025). Investigation of Learning Loss in the Students’ Skills Competency Domain in Islamic Religious Education Subjects at Muhammadiyah Jogokariyan Elementary SchoolInvestigation of Learning Loss in the Students’ Skills Competency Domain in Islamic Religious Edu. SALIHA: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 32–51.
Prof. Dr. Lexy J. moleong, M. A. (2008). Metodologi Penelitian Kualitatif (keduapuluh). PT Remaja Rosdakarya.
Rosita, M. (2016). Membentuk karakter siswa melalui metode kisah Qurani. Fitrah, 2(1), 70.
Rosyad, A. M. (2019). THE IMPLEMENTATION OF INDUCTIVE TEACHING AND LEARNING METHODS IN ISLAMIC EDUCATION LEARNING. Risâlah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 5(2, Sept), 60–75.
Rosyad, A. M. (2024). Internalizing Democratic Educational Values in Learning Process. International Journal of Science Education and Cultural Studies, 3(1), 61–72.
Rosyad, A. M., Sudrajat, J., & Loke, S. H. (2022). Role of Social Studies Teacher to Inculcate Student Character Values. International Journal of Science Education and Cultural Studies, 1(1), 1–15.
Rosyad, A. M., Suhendrik, S., Faozi, R., Nurchamidah, N., & Hamsah, M. (2024). Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Menengah Kejuruan. Berkala Ilmiah Pendidikan, 4(3 SE-Articles), 712–723. https://doi.org/10.51214/bip.v4i3.1255
Rumah, B. D. S. di. (2022). No TitleRagam Teknik Analisis Data Deskriptif Kualitatif vs Kuantitatif. Dqlab.Id.
Rusydi, I., & Rosyad, A. M. (2022). PENGGUNAAN METODE IQRO DALAM DALAM PENINGKATAN KUALITAS GURU NGAJI DI MUSHOLLA SEKITAR KAMPUS UNIVERSITAS WIRALODRA. Al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 390–399.
Sutiyono, T., Karimah, I., Hidayat, T., & Rosyad, A. M. (2024). Pelatihan Topologi Jaringan pada Sekolah Berbasis Cisco Paket Tracer. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sultan Indonesia, 1(2), 9–15.
Syafi’AS, A. (2019). Konsep Pembelajaran Tahfidz al Qur’an Juz 30 dan Implementasinya pada Anak Usia Dini. Modeling: Jurnal Program Studi PGMI, 6(2), 278–297.
Wardany, D. K. (2021). Implementasi Metode Asy-Syafi’i dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an bagi Orang Dewasa. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 10(c), 977–992. https://doi.org/10.30868/ei.v10i02.1833
Zaenudin, L. (2015). PEMBAHARUAN SISTEM PENDIDIKAN ISLAM. Risâlah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), 1–16.
Zaenudin, Z. (2020). ANALISIS HERMENEUTIKA DAN TEKSTUALISME AL-QUR’AN (Dari Klasik hingga Kontemporer). Al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 3(1), 137–163.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Lisnawati Lisnawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra