Pemanfaatan TIK dalam Perkembangan Institusi Pendidikan di Era Society 5.0

Authors

  • Torly Amora Jofipasi Universitas Negeri Padang
  • Firman Universitas Negeri Padang
  • Dina Sukma Universitas Negeri Padang
  • Jon Efendi Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.31943/pedagogia.v5i1.134

Keywords:

Pemanfaatan TIK, Perkembangan Pendidikan, Society 5.0

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) telah membawa dampak signifikan terhadap berbagai sektor, termasuk pendidikan. Di era society 5.0, pemanfaatan TIK dalam institusi pendidikan tidak hanya terbatas pada penggunaan alat teknologi, tetapi juga mencakup penerapan teknologi untuk mendukung metode pengajaran, pembelajaran, serta pengelolaan pendidikan yang lebih efisien dan efektif. Artikel ini membahas bagaimana TIK dapat digunakan dalam meningkatkan kualitas pendidikan, mendorong inovasi, serta mempersiapkan generasi muda untuk menghadapi tantangan global melalui peningkatan keterampilan digital. Selain itu, artikel ini juga menyoroti pentingnya pengembangan institusi pendidikan di Indonesia agar dapat beradaptasi dengan perubahan zaman dan memanfaatkan TIK secara bijaksana untuk menciptakan proses pembelajaran yang aktif, kreatif, dan menyenangkan. Pemanfaatan TIK menjadi kunci untuk menghadapi tantangan pendidikan di era society 5.0.

References

Akbar, A., & Noviani, N. (2019). Tantangan dan solusi dalam perkembangan teknologi pendidikan di Indonesia. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang.

Aulia, D., Firman, F., & Harun, M. M. (2024). Modernization of Education in The Era of Society 5.0. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 6701-6713.

Cooper, Dunne. (2011). The place of the literature review in grounded theory research. International Journal of Social Research Methodology, 14(2), 111–124

Gusmaneli, (2012), Dampak Teknologi Pendidikan Terhadap Peranan Guru di Masa Depan, Jurnal Al-Ta`lim, 1 (2), 166-172.

Henry C, Lucas, Jr. (2000). Information Technology For Management, Irwin/Mcgraw Hill.

Huda, I. A. (2020). Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) terhadap kualitas pembelajaran di sekolah dasar. Jurnal pendidikan dan konseling, 2(1), 121-125.

Juwita, R., Firman, F., Rusdinal, R., & Aliman, M. (2020). Meta Analisis: Perkembangan teori struktural fungsional dalam sosiologi pendidikan. Jurnal Perspektif: Jurnal Kajian Sosiologi dan Pendidikan, 3(1), 1-8.

Kartika, H. (2014). Pembelajaran matematika berbantuan software matlab sebagai upaya meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan minat belajar siswa sma. Jurnal Pendidikan unsika, 2(1), 1-12.

Laugi, S. (2018). Sistem Informasi berbasis Web dalam Penyelenggaran Lembaga Pendidikan. Shautut Tarbiyah, 24(1), 109-126.

Lestari, A. P. (2023). Dampak Perkembangan Teknologi Informasi Terhadap Pendidikan di Era Society 5.0. Pendidikan Menuju Era Society 5.0, 1.

Nisya, W., Firman, F., & Sidik, M. S. B. M. (2024). The Impact of Modernization on Education in The Society 5.0 Era. Counselia; Jurnal Bimbingan Konseling Pendidikan Islam, 5(2), 507-513.

Putra, P. H. (2019). Tantangan Pendidikan Islam dalam Menghadapi Society 5.0. Islamika: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 19(02), 99-110.

Putri, V. W., & Suripah. (2021). Eksplorasi hasil penelitian yang terintegrasi teknologi dan computer (TIK) dalam pembelajaran matematika. Jurnal penelitian pembelajaran matematika, 14(2), 208-222

Ramadhani, L., Firman, F., Suhaili, N., & Amat, M. A. B. C. (2023). Implementing the Guidance and Counseling Program at State Madrasah Aliyah in the Society 5.0 Era. Indonesian Journal of Counseling and Development, 5(2), 135-142.

Rizqi, M. (2023). Perubahan Sosial Budaya Dalam Modernisasi Dan Teknologi Dipandang Dari Proses Belajar. Jurnal Dinamika Sosial Budaya, 25(2), 233-239.

Setyanto, E., Rasyidah, N., & Sulhan, M. (2017). Aplikasi TIK dalam manajemen pendidikan dasar dan menengah. Jurnal Pendidikan islam, 6(2), 298-317

Silalahi, P. (2015). Pengembangan model pelatihan pengintegrasian teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran matematika bagi guru SD. Jurnal teknologi Pendidikan, 17(1), 1-14

Suriansyah, A. (2015). Pengembangan pembelajaran berbasis TIK (proses dan permasalahannya). Jurnal paradigma, 10(2), 1-6.

Suwardi. (2019). Transmisi Budaya dan Perkembangan Institusi Pendidikan. Ensiklopedia Education Review¸Vol 1, No 1.

Downloads

Published

2025-01-27

How to Cite

Torly Amora Jofipasi, Firman, Dina Sukma, & Jon Efendi. (2025). Pemanfaatan TIK dalam Perkembangan Institusi Pendidikan di Era Society 5.0. Journal Islamic Pedagogia, 5(1), 9–15. https://doi.org/10.31943/pedagogia.v5i1.134