Rancangan Manajemen Kelas: Faktor Pengaruh dan Kendala yang Dihadapi Pendidik dalam Manajemen Kelas serta Solusinya

Authors

  • Ahmad Dasuki Aly Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra Indramayu

DOI:

https://doi.org/10.31943/pedagogia.v5i1.129

Keywords:

Manajemen Kelas, Pendidik, Siswa, Sekolah

Abstract

Penelitian ini membahas manajemen kelas: faktor pengaruh dan kendala yang dihadapi pendidik dalam manajemen kelas. Metode yang digunakan pada artikel ini adalah jenis penelitian kualitatif dengan library research (studi pustaka), yaitu penelitian yang subjeknya berupa literatur kepustakaan. Data yang telah terkumpul perlu diinterpretasikan dengan merujuk pada teori umum. Analisis data dilakukan melalui tahapan kondensasi data, display data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah manajemen kelas yang baik berfokus pada tindakan preventif untuk menjaga ketertiban, serta tindakan kuratif yang memberikan solusi atas perilaku menyimpang. kendala yang kerap dihadapi dalam penerapan manajemen kelas, seperti kurangnya pemahaman terhadap konsep dan strategi manajemen kelas, serta tantangan dalam meningkatkan kesadaran diri sebagai figur yang dihormati siswa. Solusi yang disarankan adalah meningkatkan kompetensi dan pemahaman pendidik dalam berbagai pendekatan manajemen kelas.

References

Afriza, S. Ag., & Kasdi, J. (2014). Manajemen Kelas. Kreasi Edukasi Publishing and Consulting Company.

Asep Mulyana, Aisyatuzikra, Entat Sholihat, & Juliyadi. (2023). Manajemen Pendidikan Islam Tingkat SMP/MTs Dan SMA/SMK/MA. Quality : Journal Of Education, Arabic And Islamic Studies, 1(1), 1–7. https://doi.org/10.58355/qwt.v1i1.8

Assahrawiza, Firman, Netrawati, & Mohd Nazri Abdul Rahman. (2024). The Relationship Between Self-Efficacy And Assertiveness On Student Career Decision Making At SMK Negeri 1 Gunung Sahilan. Quality : Journal Of Education, Arabic And Islamic Studies, 2(1), 68–78. https://doi.org/10.58355/qwt.v2i1.42

Assahrawiza, Neviyarni S, & Herman Nirwana. (2024). Communication And Classroom Management Strategies To Improve Student Personality Growth. Journal Of Psychology, Counseling And Education, 2(1), 31–40. https://doi.org/10.58355/psy.v2i1.18

Didik Himmawan, Syaefulloh, Sofyan Sauri, & Azi Khoirurrahman. (2023). Peran Tenaga Pendidik Dalam Transformasi Pendidikan Menuju Generasi Emas Indonesia. Manajia: Journal of Education and Management, 1(1), 20–30. https://doi.org/10.58355/manajia.v1i1.3

Djabba, R. (2019). Implementasi Manajemen Kelas di Sekolah Dasar. AGMA.

Kurniawan, A., Sari, M. N., Sianipar, D., Hutapea, B., Supriyadi, A., Rahman, A., Akbar, M. A., & Purba, S. (2022). Manajemen Kelas. PT GLOBAL EKSEKUTIF TEKNOLOGI

Mujibah, dkk. (2021). Manajemen Kelas. Universitas Djuanda.

Nila Frischa Panzola, Neviyarni S, & Herman Nirwana. (2024). Classroom Management Strategies in Creating an Effective Learning Atmosphere. Manajia: Journal of Education and Management, 2(1), 51–61. https://doi.org/10.58355/manajia.v2i1.30

Wilda Deliana Harahap, Herman Nirwana, & Neviyarni S. (2024). Building Motivation In Learning For Academic Success. Journal Of Psychology, Counseling And Education, 2(1), 22–30. https://doi.org/10.58355/psy.v2i1.16

Downloads

Published

2025-03-11

How to Cite

Ahmad Dasuki Aly. (2025). Rancangan Manajemen Kelas: Faktor Pengaruh dan Kendala yang Dihadapi Pendidik dalam Manajemen Kelas serta Solusinya. Journal Islamic Pedagogia, 5(1), 29–35. https://doi.org/10.31943/pedagogia.v5i1.129