Implementasi Pengajaran Materi Part of Body Melalui Media Lagu di UPTD SDN 1 Jayamulya Kecamatan Kroya Kabupaten Indramayu
DOI:
https://doi.org/10.31943/pedagogia.v4i2.128Keywords:
Pengajaran, Part of Body, Media LaguAbstract
Artikel ini bertujuan untuk membahas Implementasi Pengajaran Materi Part of Body Melalui Media Lagu di UPTD SDN 1 Jayamulya, Banyak siswa masih kesulitan dalam memahami pelajaran Bahasa Inggris, khususnya pada vocabulary dan pengucapannya. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya adalah rendahnya motivasi belajar siswa, kurangnya fasilitas media pembelajaran yang sesuai dengan materi, dan faktor guru. Guru UPTD SDN 1 Jayamulya kebanyakan mengajar tidak sesuai jurusan mereka. Mereka diharuskan mengajar seluruh mata pelajaran yang mengakibatkan kurangnya menggunakan metode pengajaran yang sesuai. Metode pembelajaran yang digunakan masih konvensional dalam arti pembelajaran yang didominasi oleh metode ceramah dan cenderung monoton. Kurangnya inovasi pembelajaran Bahasa Inggris menyebabkan rendahnya motivasi belajar, dan pemahaman materi. Oleh karena itu, kami memiliki inisiatif untuk memberikan solusi atas permasalahan tersebut, yaitu dengan menggunakan lagu dalam mengajar Bahasa Inggris untuk meningkatkan kosakata dan cara pengucapan mereka. Metode yang akan digunakan yaitu metode ceramah, demonstrasi, diskusi dan tanya jawab. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif adalah metode penelitian yang berlandasan pada pemikiran yang positif, digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek yang alamiah, dimana peneliti adalah sebagai instrumen kunci. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Jayamulya di UPTD SDN 1 Jayamulya, dengan jumlah partisipan 40 siswa kelas 5. Untuk memperoleh data dan informasi yang diperlukan dalam penelitian ini, maka teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah, bahwa implementasi Belajar Bahasa Inggris Pada Materi Part of Body dengan Media Lagu. Dengan dilakukan pendekatan pembelajaran langsung dan bimbingan secara langsung mengenai materi Materi Part of Body melalui lagu dan games. Kemudian, menjelaskan cara pengucapan yang benar terkait kosakata. Kegiatan pembelajaran antara lain memberikan lembar pretest dan memberikan lembar posttest. Dilihat dari hasil pengisian pre-test dan post-test yang dilakukan, siswa mengalami peningkatan yang kurang efektif. Oleh karena itu program yang kami lakukan cukup mencapai keberhasilan. Selanjutnya hasil capaian program pendukung ini diharapkan dapat bermanfaat bagi penyusun khususnya, siswa dan Guru UPTD SDN 1 Jayamulya umumnya.
References
Amaranggana, Pratiwi (2024). Kemendikbud Akan Wajibkan Pelajaran Bahasa Inggris untuk SD, Pakar Pendidikan: Bukan Menghafal "Grammar". Kompas.
Brown, D. (2000). Teaching by Principle: An Interactive Approch to Language Pedagogy. New York: Longman.
Devianti, N., & Nurazizah, S. (2024). Penerapan Bahasa Inggris dalam Dunia Pendidikan. Karimah Tauhid, 3(4), 4381-4386. Doi: https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i4.12625
Eny, M. (2020). PENINGKATAN KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI PROGRAM TERAS BELAJAR. Karya
Masduki. (2016). Studi Efektifitas Pembelajaran Bahasa Inggris Anak Usia Sekolah Dasar di Tempat- tempat Kursus Bahasa Inggris di Kabupaten Bangkalan.
Qori Fatima, W., Khairunisa, L., Chandra Priatna, D., Prihatminingtyas, B., & Tribhuwana Tunggadewi Malang, U. (2019). PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS MELALUI MEDIA GAME PADA PANTI ASUHAN AL MAUN DI DESA NGAJUM. Seminar Nasional Sistem Informasi.
Rahman, dkk (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra