Model Pembelajaran Dick and Carey dalam Meningkatkan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 2 Indramayu

Authors

  • Diah Hani Universitas Wiralodra Indramayu
  • Ahmad Dasuki Aly Universitas Wiralodra Indramayu
  • Didik Himmawan Universitas Wiralodra Indramayu

DOI:

https://doi.org/10.31943/pedagogia.v4i2.127

Keywords:

Model Pembelajaran, Dick and Carey, Pendidikan Agama Islam

Abstract

Jurnal ini membahas tentang implementasi model dick and carey dalam meningkatkan pembelajaran pendidikan agama islam di SMAN 2 Indramayu. Model Pembelajaran Dick and Carey merupakan model pembelajaran yang mengikuti pendekatan sistematis untuk mengembangkan program pembelajaran yang efektif dan efisien. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif.  Penelitian kualitatif adalah metode penelitian yang berlandasan pada pemikiran yang positif, digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek yang alamiah, dimana peneliti adalah sebagai instrumen kunci. Lokasi pelaksanaan penelitian ini adalah di SMAN 2 Indramayu, Kecamatan Indramayu. Dasar pertimbangan penentuan lokasi karena masih banyak siswa yang perlu diperhatikan dalam meningkatkan proses pembelajaran khususnya pada mata pelajaran pendidikan agama islam. Hasil dari penelitian ini adalah, bahwa model ini terdiri dari 10 tahapan yang saling terkait dan bergantung satu sama lain. Model pembelajaran Dick and Carey memiliki beberapa komponen yaitu: pembelajaran, mengajar, pengajar, materi, dan lingkungan. Demikian halnya dengan pendidikan non formal memiliki komponen yang terdiri atas: pembelajar, pengajar, materi, dan lingkungan pembelajaran. Untuk mencapai suatu tujuan pembelajaran yang telah ditetapakan maka memerlukan interaksi antar komponen. Desain pembelajaran sebagai metode yang sistematis pada tahapan yang digunakan yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Adapun Implementasi model Dick and Carey dalam meningkatkan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas X-I SMAN 2 Indramayu dinilai telah berhasil meningkatkan semangat belajar para peserta didik. Keberhasilan ini dapat dilihat dari hasil belajar peserta didik, yang dimana dilihat dari pretest dan postest serta penilaian sikap.

References

Al amin, Achmad Zainul Musthofa “Model Desain Pembelajaran Dick dan Carey.” 2016

Cheerlle Najjah. n.d. “Sejarah Singkat Model Desain Pembelajaran Dick And Carey.” Retrieved

Cucu Suhana “Model pembelajaran” 2014

Benny A. Pribadi, “Model Desain Sistem Pembelajaran” (Jakarta: 2009), 213

Dila Rukmi Octaviana, Sutomo, M., & Mashudi. (2022). Model Pembelajaran Dick and Carey Serta Implementasinya Dalam Pembelajaran Pai. Jurnal Tawadhu, 6(2), 114–126. https://doi.org/10.52802/twd.v6i2.344

Dr. Helmiati, M.Ag. “Model Pembelajaran”, (Sleman Yogyakarta:2012), 19

Durrotul Masruroh. “Model Pembelajaran Dick and Carey Dan Implementasinya Dalam Implementasinya Dalam Pembelajaran PAI” 2023

Educhannel.id”Desain Pembelajaran Model Dick And Carey” 2023

Heri Gunawan, Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, (Bandung: Alfabeta. 2012), 202.

Indonesia, E. (2023). Desain Pembelajaran Model Dick and Carey | EduChannel Indonesia. https://educhannel.id/blog/artikel/desain-pembelajaran-model-dick-and-carey.html

Irfan Fauzi, F. M. “Model Pembelajaran Dick And Carey Serta model dick and carey” 2022

Komsiah, Indah. 2012. Belajar Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Teras

Maksudin, indonesia, jumal cendekia, vol. 1 no. 2, 2016, 120

Muhammad Affandi, S.Pd., M.Pd, dkk “Model dan Metode Pembelajaran Di sekolah”(Semarang: 2013), 15

Muthmainnah, M.Pd.I, Dkk”sistem model dan desain pembelajaran”(Aceh:2022), 115-122

Nurdyansyah, dkk, “Ciri-ciri model pembelajaran” 2016

Prof. Dr. Sugiyono, “Metode Penelitian Kualitatif”(Bandung) 2023

Ristma ganda hutbarat, marungkil pasaribu dan 1, komang, werdhiana, pengembangan bahan ajar dengan model dick and carrey pada mata pelajaran IPA kelas IX SMK Negeri palu,

Satriawan, N. (2023). Model Penelitian Pengembangan Dick & Carey - Ranah Research. https://ranahresearch.com/model-penelitian-pengembangan-dick-carey/

Sulaiman, Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, (Banda Aceh : Yayasan Pena, 2017), 30.

Trianto, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dalam volume 3, no. 3, hal. 87

UIN Sunan Ampel Surabaya, Surabaya. Ampel, 60-62. “dalam pembelajaran PAI, Jurnal Tawadhu”, no. 2, volume 6 2022

Uno, “Merancang Model Pembelajaran”., (2007, 24)

Downloads

Published

2024-09-29

How to Cite

Hani, D., Aly, A. D., & Himmawan, D. (2024). Model Pembelajaran Dick and Carey dalam Meningkatkan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 2 Indramayu. Journal Islamic Pedagogia, 4(2), 178–189. https://doi.org/10.31943/pedagogia.v4i2.127