Strategi dan Metode Membina Hubungan Menuju Kebahagiaan Hidup

Authors

  • Assahrawiza Universitas Negeri Padang
  • Mudjiran Universitas Negeri Padang
  • Yeni Karneli Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.31943/pedagogia.v4i2.125

Keywords:

Strategi, Metode, Hubungan, Komunikasi, Kebahagiaan

Abstract

Membangun hubungan yang kuat dan positif adalah kunci untuk mencapai kesuksesan dalam berbagai aspek kehidupan, baik pribadi maupun profesional. Hubungan yang baik dengan rekan kerja, klien, teman, dan keluarga dapat meningkatkan kebahagiaan, produktivitas, dan peluang untuk mencapai tujuan. Membina hubungan membutuhkan waktu dan usaha, tetapi itu adalah investasi yang berharga. Dengan menggunakan strategi dan metode yang tepat, Anda dapat membangun hubungan yang kuat dan positif yang akan bertahan selama bertahun-tahun. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Strategi dan Metode Membina Hubungan Menuju Kebahagiaan Hidup. Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan pendekatan tinjauan pustaka atau kajian literatur. konsep, definisi, penjelasan, jenis, komponen, dimensi, indikator, unsur, ciri, tahapan, kaidah, hukum, undang-undang, teori, dan dalil yang berkaitan dengan variabel yang diteliti diuraikan dalam tinjauan pustaka berdasarkan referensi literatur yang mendukung. Hasil dari penelitian ini adalah membangun hubungan yang kuat dan positif dengan orang lain adalah salah satu investasi paling berharga yang dapat Anda lakukan dalam hidup. Hubungan yang baik dapat meningkatkan kebahagiaan, kesehatan, kesuksesan, dan membuat hidup lebih berwarna. Meskipun membangun hubungan membutuhkan usaha dan dedikasi, hal itu dapat dicapai dengan strategi dan metode yang tepat.

References

Aditama Patterson, C. H. 1996. Counseling of Children. Chicago: Year Book Medical Publishers, Inc

Bastomi, H. (2019). Konseling Cyber: Sebuah model Monseling Pada Konteks Masyarakat Berbasis Online. Konseling Edukasi: Journal of Guidance and Counselling, 3(1), 19–36.

Brammer, L. M & Shostrom, E. L. 1982. Therapeutic Psychology: Fundamentals of Counseling and Psychotherapy. Fourt Edition. New Jersey: Prentice-Hall.

Brammer, L. M., & Shostrom, E. L. (1977). Therapeutic Psychology: Fundamentals of Counseling and Psychotherapy. Prentice-Hall.

Corey, Gerald. 2007. Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi. Bandung: Reflika

Daud, A. (2019). Penanganan Masalah Konseli Melalui Konseling Realitas. Jurnal Al-Taujih: Bingkai Bimbingan Dan Konseling Islami, 5(1), 80–91.

Fatchurahman, M. (2018). Problematik Pelaksanaan Konseling Individual. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Ar-Rahman, 3(2), 25–30.

Habsy, B. A. (2017). Seni Memehami Penelitian Kuliatatif dalam Bimbingan dan Konseling: Studi Literatur. Mulyani, M. A. (2014). Strategi Membina Hubungan antara Konselor dan Klien. Wardah: Jurnal Dakwah Dan Kemasyarakatan, 15(1), 105–112.

Mustofa, I., & Mollah, M. K. (2019). Bimbingan Konseling dalam Peningkatan Kualitas Belajar Mahasiswa Perguruan Tinggi Islam Negeri. Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES), 2(2), 143–166.

Petrus, J. (2017). Kajian Konseptual Hubungan Terapeutik dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Proses Konseling. Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter, 1(2).

Prayitno. (2018). Konseling Profesional yang Berhasil. Depok: Rajawali Pers.

Putri, A. (2016). Pentingnya Kualitas Pribadi Konselor dalam Konseling untuk Membangun Hubungan antar Konselor dan Konseli. Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia, 1(1), 10–13.

Rufaedah, E. A., & Ikhwanarrafiq, M. (2022). Kualitas Pribadi Konselor dalam Membangun Hubungan antar Konselor dan Konseli. Counselia; Jurnal Bimbingan Konseling Pendidikan Islam, 3(2), 52–63.

Rukmana, E. S. (2021). Membangun dan Memelihara Komunikasi dalam Konseling. JIVA: Journal of Behaviour and Mental Health, 2(2).

Syahra, A. (2021). Penerapan Konseling Kelompok dengan Teknik Refleksi Perasaan untuk Mengendalikan Emosi Marah Siswa MAN 1 Bener Meriah. UIN Ar-Raniry.

Syahri, L. M., Mudjiran, M., Sukma, D., & Syahrial, S. (2022). Kesiapan Konselor dalam Proses Konseling yang Berhasil. Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi, 2(2), 82–91.

Taufik, & Karneli, Y. (2017). Teknik dan Laboratorium Konseling. Padang: FIP UNP.

Downloads

Published

2024-09-28

How to Cite

Assahrawiza, Mudjiran, & Yeni Karneli. (2024). Strategi dan Metode Membina Hubungan Menuju Kebahagiaan Hidup. Journal Islamic Pedagogia, 4(2), 169–177. https://doi.org/10.31943/pedagogia.v4i2.125