Model Pembelajaran Tebak Kata Untuk Menghafal Mufrodat Bahasa Arab Siswa MAN Pematang Siantar

Authors

  • Nissa Zahra Silmy Damanik Universitas Islam Negeri Sumatra Utara
  • Sahkholid Nasution Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31943/pedagogia.v4i2.117

Keywords:

Mufrodat, Bahasa Arab, Ritual Ibadah Islam

Abstract

Bahasa Arab telah ditetapkan oleh Allah SWT sebagai bahasa yang digunakan dalam ritual ibadah Islam dan sebagai sarana pemersatu umat Muslim di seluruh dunia. Untuk memahami bahasa ini dengan baik, penguasaan kosa kata menjadi faktor yang sangat penting. Berdasarkan penelitian mengenai pembelajaran kosa kata bahasa Arab (mufradat) pada siswa di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Pematang Siantar, ditemukan bahwa rendahnya penguasaan mufradat siswa disebabkan oleh penggunaan model pembelajaran yang kurang sesuai dengan tujuan dan konten pembelajaran. Beberapa guru bahasa Arab mampu memilih model pembelajaran yang tepat, tetapi kurang berhasil dalam penerapannya, sehingga siswa mengalami kesulitan dalam mempelajari bahasa Arab. Hal ini terlihat dari kurangnya antusiasme siswa dalam mengikuti pelajaran bahasa Arab dan perhatian mereka terhadap guru selama proses pembelajaran. Jika siswa sudah memiliki persepsi negatif tersebut, mereka akan menjadi kurang bersemangat atau malas dalam mengikuti pelajaran bahasa Arab, yang akhirnya berdampak pada rendahnya penguasaan kosa kata. Artikel ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan kosa kata bahasa Arab (mufradat) pada siswa MAN Pematang Siantar melalui penerapan model pembelajaran Tebak Kata. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa model pembelajaran tebak kata efektif dalam meningkatkan kemampuan menghafal mufradat siswa dengan beberapa kelebihan dan kekurangan.

References

Aunurrahman. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Alfabeta.

Bisri Mustofa & Abdul Hamid. (2012). Metode dan Strategi Pembelajaran Bahasa Arab. UIN Maliki Press.

Dede Rizal Munir & Siti Nurlatifah. (2023). Efektivitas Metode Tebak Kata Untuk Meningkatkan Penguasaan Mufrodat Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Ilmiah Research Student, 1(2), 01–13.

Effendy, F. (2012). Metodelogi Pengajaran Bahasa Arab. MISYKAT.

Fathul Mujib & Nailur Rahmawati. (2012). Permainan Edukatif Pendukung pembelajaran Bahasa Arab 2. Diva Press.

Muljianto Sumardi. (1974). Pengajaran Bahasa Asing: Sebuah Tinjauan dari Segi Metodologis. Bulan Bintang.

Munir. (2017). Perencanaan Sistem Pengajaran Bahasa Arab. PT Fajar Interpretama Mandiri.

Natasya Sayyidah Ahsan. (2020). Penggunaan Model Pembelajaran Make A Match Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab Pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Prosiding Semnasbama IV UM, 1(1), 130–141.

Punaji Setyosari. (2001). Rancangan Pembelajaran. Elang Mas.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Trianto. (2011). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Prestasi Pustaka Publisher.

Wiza, R. (2018). Model Pembelajaran Tebak Kata Menggunakan Software Crossword Dalam Pengajaran Mufradat. Arabiyatuna : Jurnal Bahasa Arab, 2(2), 189.

Zainal Aqib & Mohammad Hasan Rasidi. (2018). Metodologi Penelitian Pendidikan. STIE Muhammadiyah Paciran Lamongan.

Downloads

Published

2024-07-18

How to Cite

Damanik, N. Z. S., & Nasution, S. (2024). Model Pembelajaran Tebak Kata Untuk Menghafal Mufrodat Bahasa Arab Siswa MAN Pematang Siantar. Journal Islamic Pedagogia, 4(2), 131–140. https://doi.org/10.31943/pedagogia.v4i2.117