Konsep Pendidikan Islam Dalam Keluarga (Studi Pemikiran Hasan Langgulung)

Authors

  • Hafaf Fadilah Mahasiswa PAI Universitas Wiralodra Indramayu
  • Ahmad Dasuki Aly Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra Indramayu
  • Ruswa Ruswa Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra Indramayu

DOI:

https://doi.org/10.31943/pedagogia.v4i1.102

Keywords:

Pendidikan Islam, Keluarga, Hasan Langgulung

Abstract

Pendidikan anak seharusnya dimulai dari lingkungan keluarga sebagai lingkungan yang pertama kali dikenal oleh anak. Masih banyaknya keluarga yang kurang memperhatikan masalah pendidikan agama bagi anak-anaknya disebabkan keterbatasan ilmu dan pengetahuan agama Islam orang tuanya. Hal ini menimbulkan kenakalan-kenakalan yang dilakukan anak-anak akibat kurangnya pendidikan agama yang mereka terima dari lingkungan keluarga. Penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research), yaitu mengumpulkan bahan-bahan penelitian dengan membaca dan memahami buku-buku perpustakaan. Pengumpulan data dengan menggunakan metode dokumentasi dengan menelaah sumber data baik primer maupun sekunder. Data yang terkumpul dalam penelitian ini dianalisis dengan metode deskripsi kualitatif yaitu memaparkan. Pendidikan Islam dalam keluarga merupakan hasil pemikiran yang Rasional yang didasarkan pada masalah-masalah yang tidak diinginkan. Keluarga adalah : 1. Islam memandang pendidikan dalam Keluarga merupakan sebuah lembaga pendidikan yang pertama dan utama, yang menjadi fundamen atau dasar bagi pendidikan anak selanjutnya. 2. Mengenai dasar pendidikan keluarga adalah merujuk pada Al-Qur’an dan hadits, kebenaran keduanya, bukan berdasar keyakinan saja, tetapi juga rasional dan dapat dibuktikan. 3. Tujuan mendidik anak adalah agar mampu berkembang secara maksimal, yang meliputi seluruh aspek perkembangannya, dan tujuan pendidikan keluarga pada dasarnya hanya untuk menyelamatkan fitrah manusia. 4. Dalam pendidikan keluarga Islam menerapkan metode yang sesuai dengan materi, kondisi, dan keadaan anak didik dalam keluarga. 5. Mengenai materi pendidikan, keluarga Islam pendidikan agama merupakan kunci keberhasilan pendidikan dalam keluarga. Dari hasil pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa pemikiran Hasan Langgulung mengenai Pendidikan Islam dalam keluarga adalah mengajarkan nilai-nilai ajaran Islam dari satu generasi ke generasi yang lain. Hal ini diharapkan umat Islam menjadi umat yang kokoh dan sebagai pembawa amanah khalifah di dunia yang bertanggung jawab. Penyampaian nilai-nilai ajaran agama dilakukan dengan cara-cara yang berpihak pada anak. Keteladanan orang tua menjadi prioritas utama dalam mendidik anak di dalam keluarga.

References

An-Nahlawi, Abdurrahman, Prinsip-Prinsip dan metode pendidikan Islam dalam keluarga di sekolah dan di masyarakat, Jakarta: CV. Diponegoro, 1996.

Asyhari, Muhammad, Tafsir Cinta Tebarkan Kebajikan dengan Spririt Al-Qur’an, Jakarta: Hikmah, 2006.

Buseri, Kamrani, Pendidikan Keluarga dalam Islam dan Gagasan Implementasi, Banjarmasin: Lanting Media Aksara, 2010.

Daradjat, Zakiah, Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Angkasa, 1996.

Daradjat, Zakiah, Pendidikan Islam Dalam Keluarga Dan Sekolah, op.cip.

Diah Hani, & Ibnudin. (2023). Inovasi Pembelajaran Menggunakan Media Alat Peraga Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di UPTD SDN 1 Kertasemaya Indramayu. Quality : Journal Of Education, Arabic And Islamic Studies, 1(1), 23–28. https://doi.org/10.58355/qwt.v1i1.14

Didik Himmawan, Syaefulloh, Sofyan Sauri, & Azi Khoirurrahman. (2023). PERAN TENAGA PENDIDIK DALAM TRANSFORMASI PENDIDIKAN MENUJU GENERASI EMAS INDONESIA. Manajia: Journal of Education and Management, 1(1), 20–30. https://doi.org/10.58355/manajia.v1i1.3

Hafsah, Ibnu Rusydi, and Didik Himmawan. 2023. “Pendidikan Islam Di Indonesia (Problem Masa Kini Dan Perspektif Masa Depan)”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 9 (1):215-31. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i1.374.

Hujair A. H. Sanaky, Paradigma Pendidikan Islam Membangun Masyarakat Madani Indonesia, Yogyakarta: Safira Insania Press, 2003.

Ibnudin, Ahmad Syathori, and Didik Himmawan. 2023. “Rekonstruksi Hukum Perkawinan Beda Agama Prespektif Hak Asasi Manusia”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 9 (3):1086-1100. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i3.706.

Ismail Raji al Faruqi, Islamisasi Ilmu Pengetahuan (trj), Bandung: Pustaka Bandung, 1982.

Juwariyah, Dasar-Dasar Pendidikan Anak dalam Al-Qur’an.

Langgulung, Hasan, Manusia dan Pendidikan Suatu analisa Psikologis, Filsafat dan Pendidikan, Jakarta: PT. Pustaka Al Husna Baru, 2004.

Langgulung, Hasan, Peralihan Paradigma Dalam Pendidikan Islam Dan Sains Sosial. Jakarta: Gaya Media Pratama, 2002.

Musmuallim, Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah, Purwokerto: Majalah Pendidikan Sang Guru, Edisi 024/Th. IV/ Mei-Juni 2012.

Nata, Manajemen Pendidikan.

Nur Ajijah Rajak, Akhmad Mujani, & Abdul Aziz Romdhoni. (2023). Implementation of Islamic Religious Education (PAI) Learning at SDN Cadangpinggan 3 Sukagumiwang District, Indramayu Regency. Quality : Journal Of Education, Arabic And Islamic Studies, 1(2), 46–51. https://doi.org/10.58355/qwt.v1i2.19

Salthut, Khatib Ahmad, Menumbuhkan Sikap Sosial, Moral dan Spiritual Anak dalam Keluarga Muslim, Yogyakarta: Mitra Pustaka, 1998.

Suwaid, Muhammad Nur Abdul Hafizg, Mendidik Anak bersama Nabi: Panduan Lengkap Pendidikan Anak disertai Teladan Kehidupan Para Salaf (trj). Solo: Pustaka Arafah, 2003.

Tafsir, Ahmad, Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 1994.

Ulwan, Abdullah Nashih, Pendidikan Anak dalam Islam Jilid I (trj). Jakarta: Pustaka Amani, 2007.

Uyoh, Sadulloh, Paedagogik. Bandung: Upi Press, 2010.

Wahyu Rifa’i, Didik Himmawan, & Ibnudin. (2023). Implementasi Pembelajaran Menggunakan Metode Bermain Bagi Anak-Anak Desa Tenajar Kidul Kecamatan Kertasemaya Kabupaten Indramayu. Journal Of Psychology, Counseling And Education, 1(1), 35–40. https://doi.org/10.58355/psy.v1i1.9

Wildan Saleh Siregar. (2023). Pembentukan Karakter Siswa Melalui Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 2 Sibolangit. Manajia: Journal of Education and Management, 1(2), 87–94. https://doi.org/10.58355/manajia.v1i2.13

Downloads

Published

2024-03-30

How to Cite

Fadilah, H. ., Aly, A. D. ., & Ruswa, R. (2024). Konsep Pendidikan Islam Dalam Keluarga (Studi Pemikiran Hasan Langgulung). Journal Islamic Pedagogia, 4(1), 52–73. https://doi.org/10.31943/pedagogia.v4i1.102